Yosakoi Matsuri, Festival Sambut Musim Panas

Jepang. Berbeda dengan Indonesia, Jepang adalah sebuah negara dengan 4 musim yaitu musim gugur, musim dingin, musim semi, dan musim panas. Uniknya, untuk menyambut musim panas ini ada sebuah festival yang diadakan di hampir semua kota di Jepang, loh. Namanya, Yosakoi (Festival Yosakoi).

Yosakoi Matsuri (Festival Yosakoi) pertama diadakan pada tahun 1954 di kota Kochi. Sejak Agustus 1954, festival Yosakoi masih dilaksanakan setiap tahunnya. Dalam festival ini, tim penari dan khalayak ramai akan menari bersama-sama. Jumlah peserta telah meningkat setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2005, lebih dari 10.000 penari berpartisipasi dalam festival ini.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Festival YosakoiPada dasarnya, Yosakoi Matsuri (Festival Yosakoi) adalah sebuah festival tarian untuk menyambut musim panas. Ciri khas dari tarian ini adalah gerakan tangan dan kaki yang dinamis. Sambil menari, para penari membunyikan perkusi dari kayu yang disebut dengan Naruko. Naruko ini sesungguhnya awalnya digunakan di Prefektur Kochi untuk menakut-nakuti burung agar menjauh dari sawah. Penggunaan Naruko, meski diperlukan dalam tarian Yosakoi, sering juga diganti menggunakan instrumen perkusi lainnya seperti drum, bendera, tongkat, dan lain-lain.

Tarian Yosakoi ini menyimbolkan semangat masyarakat Jepang dalam menyongsong musim panas, karena musim panas di Jepang itu sangat panas sekali, loh. Bahkan bisa mencapai 40 derajat celsius! Karena itulah musim panas disambut dengan tarian Yosakoi yang sangat energik, menggabungkan gerakan tari tradisional Jepang dengan musik modern.

Kini, gaya tarian Yosakoi telah tersebar di hampir seluruh Jepang. Meriahnya Yosakoi Matsuri (Festival Yosakoi) karena diadakan di banyak tempat di seluruh Jepang. Bahkan, ada kota-kota yang merayakan festival ini sampai 3 hari, loh.

Festival Yosakoi

Leave a Reply

%d bloggers like this: