Yakitori Bento dari Hasegawa, Hakodate

, Jepang. Di , sudah sejak lama orang-orang menggunakan daging babi untuk sukiyaki dan shabu-shabu. Daging babi juga masih lebih disukai untuk hidangan Yakitori (sejenis sate) hingga saat ini. Yakitori biasanya dijual dengan dua pilihan rasa, yaitu saus manis atau asin garam. Meski biasanya yakitori dijual secara “terpisah”, tapi ada juga loh yang menjual yakitori bersama dengan nasi kotak, dan disebut Yakitori Bento.

0015 hasegawa yakitori 2-01Yes, di sebuah toko di Hakodate, “Hasegawa Sakujirou Shouten”, Yakitori (dengan daging babi) dengan onigiri dalam bento kotak dijual sebagai camilan hangat dengan minuman beralkohol. Hingga kini, yakitori dengan bento onigiri ini sudah dijual sejak tahun 1978, dan sudah sangat terkenal! Yakitori Bento ini pun dijual di semua 14 cabang toko Hasegawa, dan penjualannya mencapai 900.000 kotak setiap tahun!

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Segalanya berawal ketika pada suatu malam ada pelanggan yang datang ke Hasegawa untuk membeli bento (nasi kotak), namun sudah kehabisan. Akhirnya Hasegawa memunculkan ide untuk membuat bento (nasi kotak) menggunakan nasi onigiri dan yakitori. Itulah mengapa, dalam yakitori bento ini terdapat rumput laut di atas nasi. Karena awalnya nasi tersebut berasal dari onigiri (nasi kepal dengan rumput laut)!

Nah, hingga saat ini meski Yakitori Bento ini sudah terkenal sekali, tapi mereka mempertahankan kualitas dengan cara membuat yakitori mereka hanya ketika dipesan. Jadi, minna-san dapat menikmati yakitori yang fresh baru dibuat. Yumm!

Leave a Reply

%d bloggers like this: