Water Cake : Kue Unik Jepang yang Sebening dan Selembut Air

memang terkenal dengan berbagai terobosan yang baru dan unik. Begitupun dalam hal makanan. Bila kita mengenal tekstur kue yang padat dengan beragam warna seperti kue black forest atau red velvet, mungkin mizu shingen mochi atau “water cake” adalah hal baru yang akan membuatmu terpukau. 

Ya, sesuai namanya, kue unik Jepang ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut seperti air. Dari segi warna saja, sangat bening seperti kaca. Kalau melihatnya sekilas, mungkin kita akan lebih percaya ini adalah puding ketimbang kue. Namun begitu menikmatinya, tentu saja ini adalah dessert yang cocok dinikmati bersamaan dengan sirup gula. 

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Lalu, terbuat dari apa sebenarnya water cake dan kenapa kuenya bisa dibuat seunik ini?

Pembuatan water cake memakai bahan gyuhi, sejenis mochi lembut yang memakai bahan tepung beras ketan. Gyuhi juga yang membuat tekstur water cake menjadi lembut namun juga tetap memiliki isi seperti layaknya kue beras. Dari segi rasa pun, water cake yang dikunyah bisa berubah menjadi air di dalam tenggorokan kita sehingga ada rasa segar sekaligus manis yang tidak terlupakan.

Fakta menarik lain adalah bahwa kue ini harus segera dinikmati begitu dihidangkan karena bila melewati 30 menit, tekstur dan bentuk kuenya akan meleleh dan hilang! Aneh bukan? 

Ide tentang kue yang selembut dan sebening air memang salah satu resep kreatif untuk menangkap inspirasi tentang titik air yang jatuh mengenai daun. Namun berdasarkan cerita sejarah, water cake juga sudah dibuat sejak abad pertengahan di masa kepemimpinan panglima Shingen Takeda. Itulah kenapa sebutannya “mizu shingen mochi”. 

Kita tidak tahu eksperimen seperti apalagi yang akan dibuat oleh koki kue di Jepang. Ketika sekarang water cake dijuluki sebagai terobosan masa depan, banyak yang menunggu ada penemuan-penemuan selanjutnya yang lebih unik dan berbeda lagi.

Nah, kalau kamu ikut gemas dengan kue ini, coba lihat lagi resep water cake dengan isi buah stroberi di bawah ini. Absolutely yummy!

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: