Kenapa Wasabi Jadi Pelengkap Sushi dan Sashimi?

Penggemar tentu tidak asing dengan . Setiap makan atau , hampir dipastikan Minna-san akan menemukan bumbu ini sebagai pelengkapnya.

Akar rimpang wasabi
Akar rimpang wasabi

Pelengkap sushi dan sashimi ini berasal dari tanaman asli Jepang, dari suku kubis-kubisan, yang memilik nama latin Wasabia japonica. Daun, tangkai, dan akar rimpang tanaman ini memiliki aroma harum, sekaligus rasa tajam menyengat hingga ke hidung. Di negara asalnya, wasabi sebagai pelengkap sushi atau sashimi diperoleh dengan cara memarut akar rimpangnya. Namun, karena harga bahan segar untuk membuatnya cukup mahal, di pasaran tersedia juga bumbu ini dalam kemasaan bubuk, kaleng, dan pasta, dengan harga yang lebih terjangkau.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Tidak semua orang suka makan sushi atau sashimi dengan wasabi karena aromanya yang menyengat di hidung. Ternyata, bumbu ini tidak sekedar pelengkap tetapi juga memberikan manfaat saat Minna-san menyantap makanan dari ikan atau makanan laut yang segar, seperti sushi atau sashimi.

Apa saja manfaatnya? Kali ini Gate membeberkan manfaat bumbu pelengkap ini jika dikonsumsi bersama sushi atau sashimi. Ternyata bumbu ini mengandung senyawa allyl isothiocyanate yang bersifat antimikroba, insektisida dan bakteriosida. Senyawa ini dapat menetralisir dan membunuh bakteri atau spora jamur yang mungkin terdapat di makanan mentah. Dengan menambahkan bumbu ini pada sushi atau sashimi, pertumbuhan bakteri dan jamur pada ikan atau makanan laut segar lainnya dapat dihambat sehingga mengurangi potensi keracunan makanan.

Selain itu, wasabi juga memiliki efek anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengontrol alergi. Memakan sashimi atau sushi dengan bumbu ini akan mengurangi potensi timbulnya alergi setelah memakan makanan laut segar.

Nah, kalau Minna-san menyingkirkan wasabi saat makan sushi atau sashimi, ada baiknya saat ini mulai coba memakannya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: