4 Warisan Budaya Jepang yang Harus Dikunjungi (2)

Selain dua situs warisan yang bersejarah di artikel sebelumnya, masih ada dua lagi yang harus mina-san kunjungi nih. Tahu soal Jepang, tak hanya melulu soal pariwisata dan berbagai macam perayaannya yah mina-san, tapi sesekali berkunjung ke situs bersejarah ini juga bisa membuka wawasan mina-san lho. Jadi nggak akan rugi, karena bisa membuka sudut pandang dan memperkaya ilmu tentang Jepang lebih dalam.

Hiraizumi

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Tak hanya sisa batu reruntuhan yang akan mina-san temui disini, tetapi juga ada kuil yang didalamnya terdapat 5 tempat penting, salah satunya Hiraizumi-Buddha Land (tanah suci) yang pada 2011 tercatat sebagai tempat bersejarah sekaligus taman arkeologi. Selain Hiraizumi, ada bangunan bersejarah bernama Chusonji yang telah ada sejak tahun 850 masehi. Di dalam bangunan Chusonji masih ada Konjikindo, yaitu apabila mina-san masuk ke dalam bangunan tersebut, bangunan ini dipenuhi dengan warna emas yang mengkilap. Jaraknya yang lumayan jauh dari Tokyo dibutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam untuk tiba di situs bersejarah ini, jadi Gate sarankan mina-san menggunakan shinkansen agar lebih menghemat waktu. Tapi ini worth it to try kok mina-san 😀

Hiraizumi, 平泉町, Nishiiwai District, Iwate Prefecture, Japan

 

Shirakawago

Wilayah ini merupakan sisa gassho zukuri, yaitu pemukiman yang dibuat khusus sebagai rumah peribadatan. Gassho dalam bahasa Jepang berarti “posisi kedua tangan di depan dada saat berdoa dalam agama Buddha”. Daerah ini terkenal dengan saljunya, pada musim dingin salju akan menumpuk di atap-atap rumah peribadatan yang terbuat dari jerami. Pemandangannya jadi luar biasa cantik ketika malam hari, karena masing-masing rumah dari luar akan Nampak cahaya. Romantis banget deh mina-san.

 Ogimachi, Shirakawa, Ono District, Gifu Prefecture 501-5600, Japan

 

Situs warisan dunia yang Gate ulas ini merupakan tempat-tempat yang memiliki sejarah yang panjang. Selain itu juga mian-san bisa belajar tentang budaya Jepang lebih dalam lagi. Yuk kita belajar disini!

Leave a Reply

%d bloggers like this: