Universitas Tokyo, Kampus Bergengsi Kebanggaan Masyarakat Jepang

Sebagai negara maju, Jepang sangat peduli terhadap pendidikan. Dari tingkat yang paling dasar, Jepang sudah fokus mendidik generasi-generasinya. Tingkat disiplin yang tinggi menjadi budaya yang ditanamkan sejak kecil. Tidak heran jika kemudian, Jepang memiliki lembaga-lembaga pendidikan yang mendunia. Salah satu yang membanggakan dan terkenal hingga skala internasional adalah .

Universitas Tokyo
Universitas Tokyo

Mina-san pernah mendengar nama Universitas Tokyo? Bagi Mina-san yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi ke luar negeri, kampus ini bisa menjadi pilihan. Universitas ini benar-benar bergengsi, pada 2015 lalu, Universitas Tokyo menduduki peringkat 1 sebagai universitas terbaik di Asia. Pada tahun yang sama, lembaga pendidikan ini menduduki peringkat 21 di dunia.

Universitas yang sudah berdiri sejak 1877 ini, merupakan gabungan dari perguruan tinggi negeri yang fokus memberikan pelajaran tentang kedokteran juga pembelajaran Barat. Dari sejak berdirinya, universitas bergengsi ini berubah nama dari Universitas Kekaisaran Teikoku Daigaku, Universitas Kekaisaran Tokyo hingga kemudian ditetapkan menjadi Universitas Tokyo pada 1947.

Universitas ini memiliki kampus di lima kawasan yang berbeda. Kampus pertama terletak di Hongo. Kampus ini dulunya merupakan situs kediaman resmi Kaga di periode Edo.  Kemudian, kampus selanjutnya terletak di Komaba, kemudian di Shirokane, Kashiwa dan terakhir ada di kawasan Nakano.

Universitas Tokyo menyediakan 10 Fakultas bagi calon-calon mahasiswanya. Hal yang unik dari budaya belajar di tempat ini adalah selama dua tahun awal, para mahasiswa khusus memelajari ilmu-ilmu atau keterampilan-keterampilan dasar guna menunjang dan bekal baginya untuk mendapatkan pengajaran yang lebih lanjut. Selama dua tahun awal masa pendidikan, universitas ini menyebutnya dengan istilah Divisi Junior, dan dua tahun setelahnya disebut Divisi Senior.

Berikut, Mina-san, adalah daftar-daftar fakultas yang bisa dipilih ketika akan melanjutkan pendidikan ke Universitas Tokyo;

  1. Fakultas Agrikultur
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Pendidikan
  5. Fakultas Medis
  6. Fakultas Hukum
  7. Fakultas Sastra
  8. Fakultas Sains
  9. Fakultas Ilmu Farmasi
  10. Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan

Kesepuluh fakultas yang disediakan bisa Minna-san pilih berdasarkan minat serta bakat yang dimiliki. Untuk dapat melanjutkan kuliah di sini, Minna-san harus memenuhi syarat-syarat administrasi yang semuanya bisa didapat secara lengkap di situs resmi Universitas Tokyo disini ^^

 7 Chome-3-1 Hongō, Bunkyō-ku, Tōkyō-to 113-8654, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: