Udang Sakura, Panen Laut Khas dari Shizuoka

Mina-san penyuka hidangan seafood, terutama udang? Jika iya, mina-san harus mencoba sakura ebi yang ada di . berada di antara Tokyo dan Osaka, serta memiliki Teluk Suruga yang membuat Shizuoka kaya akan hewan-hewan lautnya, salah satunya udang yang terbilang sudah langka akhir-akhir ini, sakura ebi. Terkenal sebagai udang yang langka dikarenakan udang jenis ini hanya bisa ditemukan di 2 pelabuhan, yaitu Pelabuhan Yui dan Pelabuhan Oikawa yang ada di kota Yaizu. Udang Sakura atau yang biasa disebut Sakura ebi adalah udang yang berukuran kecil dengan panjang hanya beberapa sentimeter saja, dengan ciri khas kulit yang berwarna kemerahan udang ini bisa langsung dimakan bersama kulitnya dan memiliki bau yang sedap.
 
 
Pada musim panen sakura ebi (musim semi dan musim gugur), Shizuoka akan sangat penuh pengunjung, terutama restoran yang sudah pasti penuh dan antri oleh pengunjung. Pada musim ini, mina san akan menjumpai udang-udang yang sedang dijemur sebagai proses untuk dijadikan udang kering di Fijugawa no Kasenshiki di Kanbara. Penjemuran sakura ebi selama satu hari ketika matahari sedang bersinar akan menghasilan rasa udang yang enak, kelembaban udang yang hilang, membuat rasa alami udang akan memadat dan sangat cocok dijadikan bahan olahan masakan apapun. 
 

Sebelum mencobanya sebagai bahan olahan masakan, mina-san harus mencoba memakan sakura ebi mentah tanpa tambahan bumbu apapun. Jangan khawatir dengan baunya, karena udang ini sama sekali tidak berbau, justru mina-san akan merasakan rasa manis. Selain itu, mina-san juga bisa mencoba Kakiage Sakura Ebi, yaitu kombinasi potongan sayur dan ikan laut yang digoreng hampir mirip dengan tempura, namun bawang bombay yang biasa mendominasi isi tempura, digantikan oleh sakura ebi. Oh ya, satu lagi adalah Okiagari atau lebih dikenal dengan Nabe Sakura Ebi. Ini merupakan makanan favorit para nelayan, sakura ebi dimasak langsung dan dinikmati selagi hangat. Cocok untuk menghangatkan diri di udara yang dingin ketika sedang memancing.

Leave a Reply

%d bloggers like this: