7 Etika Menggunakan Toilet di Jepang

Menggunakan dapat jadi tantangan tersendiri. Terutama untuk orang yang baru pertama kali berkunjung ke Jepang. Berikut ini adalah beberapa etika menggunakan yang perlu diperhatikan.

 

Selalu Gunakan Sandal yang Tersedia di Toilet

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Budaya Jepang sangat detil terhadap kebersihan. Sepatu dianggap sebagai benda yang paling kotor karena selalu dikenakan saat keluar rumah. Maka dari itu, orang Jepang selalu mengganti sepatu mereka dengan sandal bersih saat memasuki rumah. Hal ini juga dilakukan di hotel dan restoran. Para staf akan memberikan sandal bersih untuk dikenakan.

Namun, untuk ke toilet, ada sandal khusus yang harus dikenakan. Saat memasuki toilet, lepas sandal rumah lalu ganti dengan sandal toilet yang tersedia. Setelah keluar dari toilet, barulah bisa mengganti dengan sandal rumah. 

 

Menggunakan Toilet Jongkok

Toilet jongkok adalah toilet tradisional Jepang yang masih banyak digunakan. Toilet jongkok tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia.

 

Menggunakan Toilet Elektronik

Saat ini, sudah banyak toilet elektronik di Jepang. Fiturnya juga cukup banyak, dari mengatur temperatur air, tekanan air, penghangat kursi, pengering, dan noisemaker.

 

Membedakan Toilet Pria dan Wanita

Biasanya, kata toilet untuk pria dan wanita ditulis dengan huruf kanji. Untuk toilet pria, kanjinya adalah 男. Sedangkan untuk wanita, kanjinya adalah 女.

 

Tisu Toilet

Toilet tradisional Jepang tidak menyediakan tisu. Oleh karena itu, sebaiknya bawalah tisu saat bepergian apabila perlu. Karena Mina-san mungkin akan menemukan toilet yang tidak punya tisu sama sekali. Namun, di sebagian toilet, terdapat mesin penjual tisu.

 

Fitur Toilet yang Hanya Ada di Jepang

Hanya di Jepang, Mina-san bisa melihat beberapa fitur yang hanya ada di Jepang. Misalnya, toilet mini khusus untuk anak-anak, urinal di toilet wanita, dan lain sebagainya.

 

 Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: