Tips Tepat Jajal Shinkansen

Siapapun yang punya mimpi ke Jepang, naik Shinkansen pasti masuk ke dalam wishlist. Iya gak? tapi, sebelum buru-buru ingin mencicipi moda transportasi unggulan Jepang ini, yuk simak tips ini dulu supaya mina-san tidak salah datang ke stasiun.

Rajin Cek Jadwal

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Mina-san bisa cek info lengkapnya disini. Web ini amat sangat, akurat dan detail dalam menjelaskan jadwal-jadwal keberangkatan . Sangat membantu juga dalam membuat itinerary pastinya, nggak perlu khawatir terlambat ke tujuan deh.

 

Pesan Tiket

Ada dua jenis tempat duduk di Shinkansen, yaitu non reserved atau jiyuseki atau reserved. Nah, mina-san nggak mau dong terus-terusan berdiri selama naik Shinkansen? Mina-san bisa langsung pesan tiketnya di Midori no Madoguchi atau tempat pemesanan tiket shinkansen. Cirri-cirinya adalah ada tulisan besar bertuliskan “Midori no Madoguchi” dengan warna hijaunya yang mencolok.

 

 

Jangan Sampai Salah Stasiun

Hanya ada dua stasiun di Tokyo yang bisa mina-san datangi bila ingin menaiki Shinkansen, yaitu Stasiun Tokyo dan Shinagawa. Namun, di perfekture lain, carilah stasiun yang menggunakan awalan nama “Shin”, seperti Shin-Osaka dan Shin-Aomori. Oh ya, supaya mendapatkan tempat duduk, berangkatnya dari Stasiun Tokyo saja ya mina-san.

 

Siapkan Tiket, lalu Masuk Platform

Apabila mina san memiliki Japan Rail Pass ini menjadi semakin mudah, segera datangi penjaga platform ya. Mina-san cukup hanya menunjukkan tanggal yang tertera di Japan Rail Pass dan mina-san akan langsung dipersilahkan masuk tanpa harus menunggu ataupun antri bersama penumpang regular lainnya. Cek track yang tertulis dalam ukuran jumbo pada tiap-tiap area, jadi mina san tak perlu takut tersesat.

Setelah menemukan jalur track yang benar, mina-san harus antri dengan rapih untuk memasuki kereta ya, tidak boleh saling serobot lho ya. Tempat paling favorit adalah duduk atau berdiri menghadap jendela, karena bisa melihat pemandangan-pemandangan untuk mengusir rasa bosan menunggu tiba di tempat tujuan.

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: