Tips Memilih Tempat Tinggal di Jepang

memang terlihat enak dan menyenangkan. Seperti dalam film-film atau komik di Jepang, tentu banyak dari mina-san yang memimpikan tinggal di negara ini. Namun tentu perlu perincian yang tepat agar bisa memilih tempat tinggal yang baik, aman dan nyaman. Apalagi bagi mina-san yang memutuskan tinggal secara permanen. Itulah kenapa di artikel berikut, saya ingin membagi tips seputar memilih tempat . Semoga banyak membantu!

Tentu harus ada persiapan yang banyak sebelum tinggal di Jepang. Izin tinggal harus diurus apalagi bila keinginan hidup di Jepang memang dalam waktu yang lama. Nah, untuk urusan memilih tempat tinggal, ada beberapa opsi nih mina-san : beli unit flat/apartemen, tinggal di asrama atau membeli rumah langsung.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Opsi pertama biasanya banyak dilakukan dan seringkali dengan cara share house dengan satu-dua orang teman. Ya, “cara berbagi tempat tinggal” ini selain lebih hemat juga tidak membebani bagi yang memiliki pendapatan terbatas. Cara share house juga sudah jamak di Jepang tidak hanya saat membeli unit flat atau apartemen melainkan juga bila ingin membeli sebuah rumah. Jadi kalau mina-san ingin opsi ini, pastikan pertimbangkan dengan matang bersama teman yang diajak tinggal serumah ya! Biasanya harga sebuah unit apartemen berbeda-beda tergantung daerah dan fasilitasnya. Mungkin sekitar 20 sampai 40 ribu yen, namun bila memakai cara share-house tentu akan jadi lebih murah bukan?

Sementara opsi kedua adalah tinggal di asrama. Cara ini biasanya dipakai pelajar atau mahasiswa yang tinggal untuk bersekolah di Jepang. Biasanya setiap kampus menyediakan asrama atau bisa juga mengakses JASSO (Japan Student Services Organization) yang sering menyediakan info kamar asrama untuk pelajar yang bersekolah. Tinggal klik webnya dan cari info sewa kamarnya ya mina-san.

Terakhir adalah membeli rumah langsung. Tentu ini adalah opsi yang paling mahal dan hanya eksklusif untuk beberapa orang. Namun bila memang mina-san mampu secara ekonomi, opsi ini bisa dicoba. Harganya bisa dua-tiga kali dari harga sewa sebuah apartemen tiap bulannya namun tentu dari segi kualitas bangunan dan kenyamanan akan lebih terjamin. Bisa mencoba mencari hunian di daerah-daerah seperti Shibuya, Shinjuku atau Toshima.

Nah jadi bagaimana mina-san? Pilihan tempat tinggal yang mana yang kamu merasa paling cocok?

Leave a Reply

%d bloggers like this: