Tips Memilih dan Menikmati Sake di Jepang (2)

Masih membahas Sake, minuman tersohor di Jepang yang mungkin membuat mina-san penasaran bagaimana rasanya juga bagaimana cara terbaik untuk menikmatinya. Kalau di artikel pertama, saya menjelaskan tentang apa saja ragam sake dan tips bagi pemula agar menikmati sake tanpa harus khawatir, di artikel kedua ini saya akan menjelaskan perbedaan sake dingin dan sake panas lalu apa yang seharusnya mina-san coba. Selain itu mungkin mina-san juga penasaran apa saja sih manfaat dari minuman sake yang dibuat dari fermentasi beras ini?

Sake dingin dan sake panas ternyata bukan hanya bergantung pada keinginan pembeli tapi juga pada musim dan suhu ruangan. Secara sederhana bila musim panas tentu sake dingin yang lebih banyak dihidangkan. Sebaliknya saat musim dingin adalah sake panas yang banyak dicari oleh pembeli. Namun kadang suhu ruangan tertentu mempengaruhi kualitas sake sehingga sake yang disajikan tergantung suhu saat itu juga, tidak begitu musim panas atau dingin. Yang pasti sake yang tepat dalam suhu ruangan yang tepat akan memberi efek yang memuaskan : masing-masing bisa menyegarkan dan menghangatkan.Hidup di Jepang

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Kalau mina-san baru pertama kali mencoba, bisa menyesuaikan dengan musim atau suhu udara yang sedang mina-san rasakan. Biasanya dalam perjamuan malam hari, sake hangat lah yang paling tepat tapi tentu semua amat bergantung pada pilihan pembeli (baca : mina-san).

 

Sementara untuk manfaat sake sendiri ternyata berhubungan dengan kesehatan lo, mina-san. Meminum sake terutama sake panas pada cuaca yang dingin selain dapat menghangatkan tubuh juga berguna untuk mereka yang mengalami keletihan atau sendi-sendi yang kaku. Itulah kenapa banyak pekerja kantoran yang meminum sake ketika pulang bekerja. Selain itu, sake yang diminum sambil makan dianggap bisa membuat makanan bertambah lezat di lidah. Makanya sake menjadi penyeimbang yang pas untuk segala macam makanan.

Kalau mina-san sendiri bagaimana? Tertarik mencoba sake ketika berlibur di Jepang? Jangan lupa tips-tips di atas supaya pengalaman meminum sake mina-san benar-benar nikmat!

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: