Tips Berteman dengan Orang Jepang

Minna-san Konnichiwa! Minna-sanpasti pengen yah berteman dengan , baik yang sebaya ataupun lebih tua umurnya, laki-laki maupun perempuan. Pastinya senang kalau setiap hari bisa latihan bersama langsung? Atau kemungkinan Minna-san juga pengen banget tuh dapetin gebetan ? Ooopss! (^0^)/

Yosh~ Kali ini Amaria-chan bakalan ngasih tau tips-tips supaya Minna-san juga bisa berteman dan berinteraksi langsung dengan orang Jepang!

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

  1. Aktif Mengajak Berkenalan/Komunikasi Terlebih Dahulusekkyoku teki

Orang Jepang kebanyakan sukanya “malu-malu”. Kebanyakan dari mereka memiliki sikap enggan dalam berkomunikasi maupun berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu Minna-san harus aktif mengajak / memancing mereka supaya bisa berkomunikasi. Jurus jitu agar mereka tidak bisa mengelak adalah dengan memberi kalimat berupa Aisatsu (sapaan), pertanyaan atau berupa kuis. Tidak usah memberi “Nihonjin” (orang Jepang) pertanyaan yang berat ataupun serius, cukup sekedar pertanyaan biasa ataupun konyol saja cukup. Misalnya: “Konnichiwa, Sumimasen, watashi to otomodachi ni narimasenka?” (Terjemahan: Halo, permisi, maukah Anda berteman dengan saya?).

  1. Memperkenalkan Dirijikoshoukai

Setelah Minna-san bisa memancing mereka berkomunikasi, ini adalah kesempatan Minna-san untuk bisa memperkenalkan diri! Sebutkan nama dan asal Minna-san, dan jangan lupa tanyakan pula nama mereka!

  1. Cari Topik yang Menarik dan Sesuai dengan Lawan Bicaraないよう

Mencari topik pembicaraan adalah hal yang tersulit dalam berkomunikasi. Jikalau lawan bicara tidak tertarik dengan topik yang kita bicarakan, biasanya orang akan memberi seribu alasan untuk menghindari obrolan dengan Minna-san. Topiknya pun akan berbeda tergantung orang yang diajak berkomunikasi. Coba pilih topik yang sedang marak dibicarakan. Mungkin tanya tentang cuaca hari ini, atau film yang baru muncul di bioskop, atau pilih topik-topik lain yang memiliki unsur humor.

  1. Merendah011

Orang Jepang biasanya suka merendakan dirinya meskipun mereka sebenarnya memiliki umur dan jabatan yang lebih tinggi dari Minna-san. Kebanyakan dari mereka tidak menyukai sifat melebih-lebihkan diri. Kebalikannya, mereka malah sering memuji/melebih-lebihkan orang lain. Karena itu minna-san, sebaiknya perbanyaklah untuk memuji dengan tulus dan merendahlah jikalau dipuji balik. Kalimat merendah dalam bahasa Jepang misalnya: “iie, tondemo arimasen” (gak koq, biasa saja), “iie, sorehodo demo” (gak gitu banget koq) dan sebagainya.

  1. Bertukar Kontak (E-mail, Social Media, dsb)

Jikalau komunikasi dan percakapannya lancar, Minna-san bisa langsung tanya alamat kontak nihonjin. Eitss, tapi kalau mereka bilang gak bisa, jangan dipaksa juga yah. Jikalau Minna-san sudah bertukar kontak, Minna-san punya kesempatan untuk bisa lebih dekat dengan mereka, bukan? ^_^

 

Yang minna-san perlu ingat, kebanyakan orang Jepang tidak bisa melafalkan bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia dengan baik. Maka dari itu, alangkah baiknya Minna-san berusaha menggunakan nihongo (bahasa Jepang) yang baik dalam berkomunikasi dengan mereka. Walaupun begitu, ada pula lho, orang Jepang yang fasih berbahasa Inggris maupun Indonesia.

Mina-san bila ingin , tidak perlu takut salah dalam percakapan. Kebanyakan orang Jepang mau membantu memperbaiki bahasa Jepang Minna-san bila salah, dengan sabar pula. Yang terlebih penting lagi adalah jangan lupa untuk selalu tersenyum! Sebagai orang Indonesia yang terkenal dengan keramah tamahannya, senyum merupakan senjata yang ampuh untuk mempererat tali pertemanan juga bisa menjadi kesan yang baik. Bisa berteman dengan orang Jepang itu pun tergantung dari kerja keras Minna-san sendiri.

Selamat mencoba ya, Minna-san! (^_^)/) Ganbatte kudasai!

Leave a Reply

%d bloggers like this: