Tersesat Di Jepang? Tenang, Ini Yang Harus Dilakukan

Tentu saat jalan-jalan di suatu negara lain, kita tidak mengharapkan sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya seperti tersesat. Bagaimana tidak, tersesat bisa menjadi masalah baru bagi mina-san apalagi bila mina-san tidak tahu alamat lengkap saat menginap atau bahkan tidak bisa berbahasa . Tapi kadang walau sudah berencana dan berhati-hati pun, bisa saja sesuatu yang tidak diharapkan mendadak terjadi. Nah bila mina-san tersesat di , jangan panik dan tetaplah merasa tenang. Hal-hal ini yang harus dilakukan agar mina-san bisa mencari pertolongan :

Tetap di Jalan Besar

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Banyak orang yang tersesat mengambil solusi “asal pilih jalan” dan berharap mereka sampai di tujuan semula. Jangan begitu ya mina-san. Pertimbangkan untuk tetap di jalan besar dan bukannya berjalan ke gang-gang perumahan karena biasanya akan membuat mina-san lebih bingung lagi. Di jalan besar juga lebih aman dan mina-san bisa bertanya dengan banyak orang.

Tanya Orang

Nah tapi bagaimana mau bertanya bila mina-san tidak bisa berbahasa Jepang sementara konon banyak juga tidak bisa berbahasa Inggris? Lebih baik sediakan bolpoin dan kertas agar memudahkan untuk bertanya dengan orang-orang. Tapi jangan patah semangat juga untuk terus bertanya. Kalau terus dilakukan, mungkin mina-san akan menemukan satu yang bisa berbahasa Inggris. Dan meskipun mina-san sulit menemukan yang bisa berbahasa Inggris, biasanya sangat ramah dan mau menolong, kok! Jadi tidak perlu takut.

Ke Kantor Polisi atau Halte Terdekat

Kalau sudah bertanya pada orang dan dia tidak tahu cara mengarahkanmu, bisa minta untuk menanyakan mana kantor polisi atau halte terdekat. Bila ke kantor polisi, tentu akan lebih aman dan mina-san akan diarahkan ke tempat tujuan. Begitupun halte.

Pakai Internet dan Manfaatkan Google Map

Nah ini yang paling penting dan lebih memudahkan! Pakai internet sebagai cara mina-san tidak tersesat lagi. Manfaatkan Google Map sehingga mina-san sedang ada dimana dan bagaimana caranya kembali. Sebagai tips, mina-san bisa memakai wi-fi router agar akses internet bisa dilakukan kapan saja saat dibutuhkan.

Selain itu, untuk mencegah mina-san tersesat di Jepang ada juga beberapa tips antisipasi berikut :

  • Simpan nomor hotel atau penginapan tempat mina-san tinggal. Atau minta kartu tanda pengenal di resepsionis saja agar bisa dihubungi bila tersesat,
  • Kenali tempat atau detil jalanan yang akan mina-san kunjungi di Jepang agar mina-san punya sedikit informasi bila hal yang tidak diduga seperti tersesat terjadi.
  • Yang pasti jangan panik dan tetaplah berhati-hati ya mina-san saat berada di Jepang!

Leave a Reply

%d bloggers like this: