Tata Cara Menikmati Onsen di Jepang

Kalau minna-san berencana untuk mengunjungi (pemandian air panas) dalam liburan minna-san ke Jepang, ada baiknya baca ini dulu. Karena menikmati pemandian air panas di Jepang ada tata caranya tersendiri, lho.

  1. Lepaskan Sepatu
    Ketika memasuki tempat minna-san akan menikmati onsen, biasanya ada tempat untuk mengganti sepatu dengan sandal yang tersedia. Jangan lupa untuk selalu melepaskan sepatu dan mengganti dengan sandal yang disediakan ya. Ini adalah sebuah tata krama yang wajib dilakukan, agar kotoran dari luar yang menempel di alas kaki Minna-san tidak masuk ke area pemandian.
  2. Lepaskan Seluruh Pakaian
    Biasanya onsen memang hanya boleh digunakan telanjang (ada beberapa pengecualian). Jadi, setelah memasuki ruang ganti, minna-san perlu menanggalkan semua pakaian dan menaruhnya di keranjang atau locker yang disediakan. Yang boleh minna-san bawa memasuki pemandian hanya handuk kecil.
  3. pemandian onsen jepangMandi Dahulu Sebelum Berendam
    Sebelum berendam di hangatnya air onsen, minna-san harus membersihkan tubuh terlebih dahulu. Duduk di bangku kecil dan gunakan shower maupun baki yang tersedia untuk mandi, dan bilas agar tidak ada sabun yang tersisa sebelum berendam. Jangan berendam bila masih ada sisa sabun di tubuh, ya, minna-san.

Berbeda tempat pemandiannya, mungkin ada perbedaan peraturan juga. Bila minna-san mahir berbahasa Jepang, bisa membaca tulisan peraturan yang biasa ditempel sebelum masuk pemandian. Bila tidak, minna-san bisa melihat orang Jepang asli yang berada di sana juga, dan meniru apa yang orang lain lakukan. ^^ Selamat menikmati pemandian onsen!

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Leave a Reply

%d bloggers like this: