Tanbo, Seni Unik Melukis Sawah Ala Jepang

Bila mina-san mengunjungi sawah di dan mendapati keseluruhan gambar-gambar yang bagus serta unik ketika dipandang dari atas, percayalah itu bukan rekayasa. Sawah-sawah tersebut memang dilukis dengan sungguh-sungguh dan seninya bernama Tanbo Art, seni melukis sawah ala , sesuatu yang memang sudah dikenal lama di negeri sakura tersebut.

Tanbo Art memang sesuatu yang tidak biasa karena seni lukis ini memanfaatkan sawah sebagai kanvasnya sementara gambar yang ditampilkan bisa beraneka ragam mulai dari simbol sejarah, kultur pop atau yang memang berkaitan dengan seni secara luas. Mina-san juga harus tahu bahwa banyak wisatawan asing tertarik mengenal Tanbo art ini karena keunikan kreasi yang memanjakan matanya.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Jepang

Sejarah Tanbo Art sendiri dimulai sekitar 23 tahun yang lalu ketika para penduduk desa ingin merevitalisasi desa mereka termasuk juga daerah persawahannya. Dengan membuat visual-visual menarik dan seru dianggap sebagai simbol perayaan dan kemenangan sehingga dicetuskanlah ide tentang Tanbo Art. Melukis gambar raksasa itu sendiri tentu bukan perkara mudah karena alat bantunya mengandalkan sawah dan padi yang akan digunakan sehingga prosesnya bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

Tapi yang menarik tentu adalah usaha gigih dan kreativitas para pengerjanya. Seni Tanbo tidak dilakukan untuk tujuan komersil melainkan lebih pada apresiasi para penduduk terhadap desa dan lingkungannya. Tema gambar pun semakin tahun semakin beragam dan bertambah kompleks. Bila di awal pembuatan, hanya menangkap gambar gunung Iwaki sekarang desainnya meluas pada simbol seni, sejarah dan kultur pop seperti Monalisa – Leonardo Da Vinci, film Godzilla sampai Star Wars.

Jepang

Jadi mina-san, kalau kamu tertarik ingin melihat langsung sekaligus memotret keindahan Tanbo alias seni melukis sawah ala Jepang ini, jangan lupa mampir ke sejumlah daerah persawahan di Jepang. Visual Tanbo bisa ditemukan di Inakadate, prefektur Aomori wilayah Tohoku atau di Yonezawa, Yamagata.

Masukkan ke salah satu destinasi wajib-mu ya mina-san!

aomori

Leave a Reply

%d bloggers like this: