Taman Terindah di Adachi Museum of Art (3)

Masih membahas tentang keindahan Adachi Museum yang digadang-gadang sebagai taman terindah versi majalah ‘Sukiya Living Magazine’ Selama 14 tahun berturut-turut. Mina-san pasti heran, seindah apa taman ini hingga terkenal di seluruh penjuru Jepang. Tenang, karena Gate akan mengulas lebih detail tentang taman ini di artikel part 3 ini.

Air Terjun Kikaku No Taki Adachi

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Air terjun buatan ini sengaja dibuat sebagai hasil refleksi dari lukisan karya Taikan Yokoyama yang berjudul “Nachi No Taki”. Sejarahnya, air terjun ini dibuat sebagai simbolis peringatan hari ulang museum yang ke-8. Meski air terjun ini letaknya berada di luar taman, namun tata letak yang dirancang sedemikian rupa justru membuat air terjun ini seolah menyatu dengan taman karensansui. Adanya air terjun ini, menghasilkan kolaborasi yang pas dengan gunung dan tebing yang berada di sekeliling museum.

Taman Hakusaseishotei

Taman ini berada tepat di atas bukit berpasir putih yang dipenuhi dengan pohon pinus beragam ukuran. Tangan dingin Zenko Adachi-lah yang sangat berjasa dalam menata taman ini hingga menjadi secantik sekarang. Oh ya, tak hanya air terjun yanv terinspirasi dari suatu karya lukisan, taman ini juga berasal dari lukisan karya Taikan Yokoyama yang diberi nama ‘Hakusaseisho’. Ada kolam taman yang menjadi center point taman ini, jangan heran apabila melihat aliran air yang tampak berliku, karena ini adalah trik agar taman terlihat luas dan membuat area taman menjadi landai.

Air kolam taman ini berasal dari air terjun ada di bagian dalam kebun dengan aliran yang dibuat berliku seperti layaknya aliran air sungai di lembah. Ini adalah teknik untuk membuat taman terasa lebih luas dengan membuat area taman terlihat landai.

Keindahan taman yang membentang di area museum in menyentuh hati siapapun yang memandanganya. Gunung-gunung dan pemandangan alam di sekitarnya pun terlihat serasi dengan pemandangan taman. Ternyata salah satu rahasia keindahannya adalah 7 orang ahli kebun yang khusus dipekerjakan untuk memelihara taman ini lho!

 Japan, 〒692-0064 Shimane Prefecture, Yasugi, 古川町320

Leave a Reply

%d bloggers like this: