Taman Moerenuma, Taman Indah di Pinggir Sapporo

(モエレ沼公園, Moerenuma Kōen) merupakan sebuah taman besar di pinggiran kota Sapporo. Dikelilingi oleh rawa, taman ini memiliki keliling sekitar 4 kilometer. Tanahnya sendiri ditutupi oleh ruang hijau yang menarik dan memiliki fitur-fitur masif dan dramatis yang membuat taman tersebut tempat umum yang sangat unik.

taman moerenumaKeindahan desain yang berani ini adalah karya seniman ukir terkenal kelahiran Amerika, Isamu Noguchi. Terlahir di Amerika, Noguchi menghabiskan sebagian besar kehidupan profesionalnya di dan mengurus lokal karya di Takamatsu. Pada tahun 1988, kota Sapporo mempercayakan Noguchi dengan pembangunan sebuah taman diatas tanah luas sebuah TPA. Sayangnya, tidak lama setelah perencanaannya selesai, Noguchi meninggal dunia. Akan tetapi desainnya tetap dilaksanakan dan taman tersebut akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 2005.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Taman ini dipenuhi oleh fitur-fitur buatan yang luar biasa yang memberikan pengunjung sebuah pengalaman unik ketika mengelilingi taman. Bukit Moere, yang memang sengaja dibuat untuk taman ini, menjulang setinggi 62 meter dan memiliki pemandangan bagus ke seluruh taman dan sekelilingnya. Memiliki tinggi 30 meter, Play Mountain (Bukit Bermain) memang lebih kecil tetapi memiliki sebuah jalan setapak menarik yang mengarah dengan nyaman ke puncak bukit. Sebuah bangunan piramida terbuat dari kaca yang dinamai Hidamari memiliki pusat informasi, sebuah atrium, fasilitas-fasilitas dasar dan ruang galeri didedikasikan untuk Noguchi.

Pada area hutan paling timur taman terdapat taman bermain kreatif yang didesain untuk anak-anak. Sebuah Air Mancur Laut di tengah taman memancarkan air setinggi 25 meter ke udara semasa pertunjukan harian mulai akhir bulan April sampai pertengahan Oktober (pertunjukkan berlangsung 3-4 kali sehari, bertahan 15 atau 40 menit). Bila mina-san berencana untuk mengunjungi tempat ini, jangan lupa juga kunjungi area pemandian buatan di dekat sana, yang dinamai Pantai Moere, yang juga dibuka untuk umum dari awal bulan Juni sampai pertengahan September (jam 10:00 sampai 16:00, tutup pada hari kamis). Rental sepeda juga tersedia dari akhir bulan April sampai awal November dengan biaya 100 Yen per jam.

 

Cara Menuju Kesana

Untuk mencapai Taman Moerenuma dengan transportasi publik, biasanya cara termudah adalah dengan menggunakan Toho Subway Line menuju Stasiun Kanjodori-higashi dan dilanjutkan menggunakan bus lokal menuju taman (25 menit, biasanya 2 bus per jam).

Taman Moerenuma juga bisa dicapai langsung dengan taksi dari pusat kota sekitar Stasiun JR Sapporo dan  Taman Odori (sekitar 30 menit, dengan biaya kurang lebih 3500 yen) atau dari stasiun bawah tanah terdekat, Stasiun Sakaemichi, sepanjang Jalur Bawahtanah Toho (sekitar 20 menit dengan biaya kurang lebih 2500 Yen).

1-1 Moerenumakoen, Higashi Ward, Sapporo, Prefecture 007-0011, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: