Taiyaki, Cemilan Menggemaskan Kesukaan Anak

Kalau Dorayaki hampir semua orang sudah tahu bahkan mungkin pernah memakannya, tapi makanan ini juga sebenarnya tidak kalah enak dari Dorayaki. Kue cemilan yang lucu nan menggemaskan ini salah satu kegemaran anak-anak di Jepang karena memang bentuknya yang unik. Yap, namanya adalah .

taiyakiTaiyaki (たい焼き) adalah salah satu kue Jepang yang berbentuk ikan. Dalam Bahasa Jepang, Tai (鯛) adalah sebutan untuk semua ikan dari familia Sparidae dan Yaki yang berarti panggang. Maka sesuai dengan namanya, Kue Taiyaki ini berbentuk ikan. Proses memasaknya adalah dengan memanggang adonan di loyang berbentuk ikan. Mengapa masyarakat Jepang menggunakan jenis ikan yang dimaksud? Karena konon katanya, jenis ikan tersebut melambangkan suatu keberuntungan dan bisa diartikan juga sebagai perayaan. Nah karena artinya yang bagus itulah, masyarakat Jepang tetap berharap agar keberuntungan selalu meliputi kehidupannya pada cemilan yang mereka makan juga.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Adonan Taiyaki tidak jauh berbeda dengan adonan Dorayaki, yaitu tepung terigu, baking powder, gula pasir, telur ayam dan jangan ketinggalan dengan air. Cara memanggangnya adalah dengan memanggang sisi atas dan bawahnya secara terpisah. Setelah matang, kedua bagian itu disatukan dengan selai kacang merah hingga bagian luarnya lah yang berwarna kuning keemasan. Taiyaki dengan kualitas terbaik biasanya dinilai lewat isi selai kacang merah yang sampai di bagian ekor.

Sepertinya tidak sulit ya Minasan untuk membuat Taiyaki ini. Mungkin Minasan dapat bereksperimen membuatnya sendiri di rumah. Jika tidak memiliki selai kacang merah, maka dapat diinovasikan sesuai dengan selera Minasan misalnya dengan coklat, vanilla, keju, vla, kacang hijau, strawberry atau custard. Jika dimakan dengan ice cream juga akan terasa semakin nikmat. Jadi, apakah Minasan tertarik untuk mencobanya? ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: