Sumimasen: Satu Kata, Banyak Penggunaan

Kata “Sumimasen” bila diterjemahkan secara bebas ke bahasa Indonesia bisa berarti “maaf”. Namun, selain untuk mengucap maaf, kata ini juga bisa digunakan dalam banyak keadaan loh. Yuk kita lihat apa saja sih kegunaan satu kata ajaib ini?

 

Pengganti Terima Kasih

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Mungkin kata yang lebih umum kita ketahui untuk mengucapkan terima kasih adalah Arigatou. Tapi sebetulnya, orang sendiri tidak terlalu sering menggunakan kata Arigatou loh. Terutama untuk keadaan-keadaan yang lebih casual. Contohnya saja, seseorang menahan pintu tetap terbuka untuk minna-san. Bila minna-san mengucapkan Arigatou, orang akan mengerti. Namun, kedengarannya kurang casual. Mau lebih casual, gunakan Sumimasen.

 

Permintaan Maaf Formal

Bila minna-san melakukan kesalahan di kantor dan harus meminta maaf pada atasan, gunakan “Sumimasen deshita” (Maaf atas apa yang saya perbuat). Tentunya, ada juga permintaan maaf dengan menggunakan “gomenasai”. Tapi taukah minna-san, gomenasai biasanya diucapkan hanya antara orang yang dekat dengan minna-san saja. Misalnya kalau minna-san minta maaf kepada teman dekat, ataupun pasangan. Jadi, “gomenasai” kurang cocok diucapkan ke atasan. ^^

 

Pengganti Permisi

Baik memanggil pelayan di restoran maupun memanggil orang tak dikenal di jalan, minna-san bisa gunakan “Sumimasen”. Misalnya ketika akan memesan makanan, ataupun ketika bertanya arah jalan. Dalam konteks ini, kata ini tidak berarti maaf, namun lebih kepada “permisi”.

Leave a Reply

%d bloggers like this: