Shamoji, Jimat Keberuntungan Dari Miyajima

Miyajima yang terletak di prefektur Hiroshima terkenal sebagai tempat lahirnya spatula atau centong, yang dalam bahasa Jepang disebut “shamoji”. Centong Miyajima terbuat dari kayu dan dibentuk dengan teknik khusus oleh para pengrajinnya.

Teknik pembuatan shimoji di Miyajima dimulai pada tahun 1800 oleh biksu Seishin yang membuat centong dari kayu suci yang berasal dari mimpinya. Teknik ini kemudian menyebar ke seluruh penjuru pulau dan kemudian centong ini dianggap sebagai jimat keberuntungan. Bagi yang mempercayainya, centong ini akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan jika digunakan untuk menyendok nasi yang akan dimakan.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Ciri khas shamoji dari Miyajima adalah adanya kaligrafi huruf Jepang, yang dipercaya masyarakat Miyajima sebagai jimat pembawa keberuntungan. Shamoji ini akan banyak minnasan temui di Omotesando, pusat perbelanjaan yang terkenal di Miyajima. Di sepanjang Omotesando minnasan akan menjumpai beragam ukuran centong kayu.

Giant ShamojiBahkan centong terbesar di dunia terpajang di tengah-tengah jalan Omotesando, sebagai simbol tempat kelahirannya di Miyajima. Centong yang dibuat pada tahun 1983 ini memiliki ukuran tinggi 7,7 meter, lebar 2,7 meter dengan berat 2,5 ton. Untuk merayakan penetapkan Itsukushima sebagai situs warisan dunia pada tahun 1996, centong terbesar itu pun dipajang di tengah jalan Omotesando.

Minnasan juga bisa membuat kartu pos dari shamoji di Miyajima Hatsukaichi Taiken Kankou. Minnasan bisa memilih gambar pemandangan yang tersedia kemudian mencetaknya di atas shamoji. Bisa juga menggambar apapun yang minnasan suka di atasnya. Shamoji yang sudah diberi gambar selanjutnya dapat dijadikan kartu pos. Minnasan bisa mengirimkan shamoji kartu pos ini dari kantor pos Miyajima untuk teman atau keluarga. Bisa juga menjadikannya sebagai oleh-oleh atau pajangan di rumah. Menarik bukan?

 

miyajima

Leave a Reply

%d bloggers like this: