Pssst.. Ada Semangka Unik Lho di Jepang

Mina-san suka dengan buah bulat besar yang memiliki banyak kandungan air ini? Yap semangka namanya. Sekilas memang tidak ada yang special, tapi ada salah satu petani berhasil membuat terobosan baru yang membuat semangka ini tak hanya memiliki cita rasa yang baik, namun juga memiliki tampilan yang unik. Hiroichi Kimura namanya, seorang petani generasi ketiga yang berasal dari prefektur Kumamoto.

Dengan ide uniknya, ia mencoba menciptakan semangka “hati” ini setelah Sembilan tahun lamanya melakukan riset dan uji coba berkali-kali. Terus gimana bisa merubah semangka dari bulat menjadi bentuk hati? Oke, Gate akan ulas untuk mina-san yang penasaran.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php
 

Jadi, awal menanamnya sama dengan semangka pada umumnya dan masih berbentuk bulat seperti biasa. Namun setelah ukurannya menjadi agak besar, buah semangka ini dimasukkan ke dalam cetakan akrilik transparan dan tak lupa diberikan lubang-lubang kecil untuk area jalannya oksigen dengan bentuk hati. Semakin bertambahnya ukuran buah, otomatis buah semangka pun dipindahkan ke tempat yang lebih besar, dengan batasan diameter sekitar 20 cm dan sudah terbentuk hati dengan sempurna, setelah itu baru bisa dipanen.

Oh ya, selain bentuknya yang cantik, buah semangka unik ini pun memiliki cita rasa yang lebih enak dan manis dibandingkan buah semangka pada umumnya lho. Namun, dikarenakan tingkat resikonya yang sangat besar, menjadikan buah ini dibandrol dengan harga 10.500 yen, atau setara dengan 1.2 juta rupiah. Mengapa tingkat resikonya besar? Karena dari 400 bibit semangka, yang berhasil hanyalah 200 semangka saja. Namun, meski dengan harga yang terbilang mahal, semangka ini tetap banjir pesanan lho, bahkan hingga ke luar negeri. Bahkan sampai ada yang rela pre order untuk masa panen 3 bulan lho. Gimana? Mina-san tertarik untuk coba?

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: