Sashimi dari Daging Kuda?!

Bagi sebagian masyarakat di dunia ini, mungkin mengonsumsi bukanlah hal yang aneh. Misalnya di Austria, Belgium, Bulgaria, dan beberapa negara lainnya, dikonsumsi sebagai sosis, sup, maupun steak dan burger. Di Indonesia sendiri bahkan ada juga loh, yang mengonsumsi dengan cara disate. Uniknya di , ada menu makanan dengan daging kuda yang disajikan bukan secara disate, dijadikan steak, maupun dimasak dalam sup. Di , ada daging kuda yang disajikan seperti , atau dengan kata lain, mentah! Yes, dari daging kuda mentah!

Di Jepang, mengkonsumsi daging kuda basashimentah bukan hal yang aneh kok, minna-san. Terutama di daerah yang bernama di Jepang, di mana memang hidangan sashimi daging kuda ini termasuk sangat terkenal. Bahkan beberapa restoran di menyediakan daging kuda lainnya, seperti lidah dan jeroan kuda.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Dalam menu sashimi daging kuda yang disebut Basashi ini, daging kuda mentah diiris tipis-tipis dan biasanya disajikan dengan kecap asin, jahe, dan lobak parut.

Basashi atau sashimi dari daging kuda ini biasanya disajikan dingin, atau bahkan hampir beku. Hal ini ada kaitannya dengan kesterilan daging agar aman dikonsumsi mentah. Jadi minna-san tidak perlu khawatir, Basashi tidak akan membuat minna-san sakit perut kok. ^^ Hmmm.. Minna-san, tertarik untuk mencoba? Yuk mampir ke Kumamoto!

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: