Rekreasi Di Taman-Taman Kota Sapporo

, salah satu kota besar di Jepang yang mulai terkenal sejak Olimpiade musim dingin tahun 1972 lalu. Kota modern yang juga populer dengan Festival Saljunya. Tidak hanya terkenal dengan keindahan salju di musim dingin, juga memiliki beberapa taman publik yang tak kalah indah dinikmati pemandangannya di setiap musim.

 

Taman Odori
Meskipun disebut taman, Taman Odori sebenarnya adalah sebuah jalan yang terletak di tengah kota Sapporo. Warga kota Sapporo, juga wisatawan, menjadikan taman ini salah satu tempat rekreasi. Mereka biasanya berjalan-jalan, bersantai, bahkan menikmati makan siang di sekitar air mancur dan rerumputan. Taman Odori dihiasi berbagai jenis tanaman. Kurang lebih 4.700 batang pohon dari 92 jenis, termasuk lilac dan elm, mempercantik taman Odori. Di taman ini juga berdiri Sapporo TV Tower menjadi landmark kota Sapporo.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Taman ini juga sering dijadikan tempat penyelenggaraan berbagai acara tahunan terkenal di Hokkaido, sesuai dengan musim. Pada musim semi diselenggarakan Festival Lilac, pada musim panas diadakan Festival Soran Yosakoi dan Beer Garden, pada musim gugur diadakan Festival Musim Gugur (Autumn Fest) yang menyediakan berbagai makanan Hokkaido, dan pada musim dingin diselenggarakan Festival Salju tingkat dunia.

 

Taman Maruyama
Inilah tempat untuk menikmati sakura di Sapporo, saat musim semi sekitar awal bulan Mei. Di dalam Taman Maruyama juga terdapat hutan perawan yang memiliki kekayaan alam nasional Jepang, termasuk keberadaan pepohonan kriptomeria Jepang dan pohon besar Katsura. Berbagai hewan liar seperti tupai, burung, dan rerumputan liar juga dapat ditemukan di taman ini.

Selain hutan, di dalam Taman Maruyama juga terdapat Kuil Hokkaido, kebun Binatang Maruyama, beberapa fasilitas olahraga seperti Stadion Bisbol Maruyama, Stadion Atletik Maruyama, dan lapangan umum. Taman ini juga menjadi lokasi menikmati Festival Tahunan Kuil Hokkaido pada bulan Juni.

 

Taman Nakajima
Taman Nakajima - ObservatoriumTaman Nakajima berlokasi di tengah-tengah kota Sapporo, di sebelah area perbelanjaan Susukino. Taman ini kaya akan tanaman hijau dan dilengkapi dengan fasilitas budaya dan gedung bersejarah. Banyak hal bisa dinikmati di Taman Nakajima, seperti kolam Shobu-ike, Hoheikan dan Hassokan, Gedung Konser Kitara dan observatorium astronomi.

Pada awal musim panas Taman Nakajima menjadi tempat penyelenggaraan Festival Tahunan Kuil Hokkaido. Sementara di musim dingin taman ini menyediakan program ski lintas alam dengan perlengkapan gratis seperti sepatu, papan ski, dan tongkat.

 

Taman Yurigahara
Taman YugiharaMemiliki luas 25,4 hektar, Taman Yurigahara dipenuhi sekitar 6.400 jenis bunga dan tanaman siap menyambut pengunjung di setiap musim. Dari awal musim panas hingga awal musim dingin, pengunjung dapat menikmati berbagai bunga yang berganti-ganti menurut musimnya. Di dalam taman ini juga terdapat Taman Lili Dunia (Sekai no Yuri Hiroba) dengan 100 jenis bunga lili dari seluruh dunia, serta Taman Dunia (Sekai no Teien) yang dibuat dengan kerja sama empat kreator taman dari Sapporo dan kota-kota kembar Sapporo, yakni Portland, Munich, dan Shen Yang.

Untuk menyusuri taman bunga, tersedia kereta wisata Lily Train. Taman ini juga menyediakan fasilitas padang golf serta restoran yang menyajikan masakan berbahan umbi bunga lili.

 

Sapporo

Leave a Reply

%d bloggers like this: