Rekomendasi Novel Jepang, Dari Haruki Murakami Sampai Yukio Mishima (2)

Setelah kemarin mengetahui beberapa novel Jepang yang sudah terkenal di artikel sebelumnya, maka Gate akan memberikan lanjutan dari judul-judul novel yang berpengaruh besar di Jepang. Check this out! 

Silence – Shusaku Endo

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Image result for Silence - Shusaku Endo

Diterbitkan pada tahun 1966, Silence mengangkat tema tentang kepercayaan pada Tuhan, pergolakan iman dan sisi kemanusiaan.  Perjalanan seorang pendeta bernama Sebastian Rodrigues yang membuatnya berpikir ulang memaknai arti Tuhan ketika kepercayaannya berada di ambang keraguan.

Sering dianggap sebagai salah satu novel terbaik yang ditulis pengarang Jepang di abad ke-20, Silence juga diadaptasi dalam film besutan  sutradara kawakan Martin Scorsese berjudul sama yang dibintangi Andrew Garfield dan Liam Neeson. 

 

The Woman In The Dunes – Kobo Abe

Image result for The Woman in the Dunes book

Tidak hanya Silence yang kemudian diadaptasi menjadi film, The Woman In The Dunes buatan Kobo Abe juga lebih dulu dilirik untuk difilmkan. 

Novel terbitan tahun 1962 ini menceritakan tentang seorang pemuda yang terjebak bersama seorang perempuan di daerah terpencil penuh pasir. Bersamaan dengan itu, muncullah pertanyaan-pertanyaan tentang makna kehidupan dan kesendirian yang menarik untuk direnungi.

Dianggap sebagai salah satu karya cerdas yang pernah ada, The Woman In The Dunes juga memiliki unsur klaustrofobik yang kental dan terasa mencekam.

 

The Diving Pool – Yoko Ogawa

Image result for The Diving Pool book

sumber : goodreads.com

Cerita tentang orang-orang biasa yang ternyata memiliki sisi gelap adalah fokus utama dalam The Diving Pool. Merupakan debut dari penulis Yoko Ogawa yang merupakan pemenang Akutagawa Award dan sejumlah penghargaan bergengsi lainnya.

The Diving Pool  menawarkan jalan cerita yang tidak tertebak dimana pembaca akan berpikir dua kali tentang motivasi para karakternya juga bagaimana cerita bisa dengan mudah menjadi tragedi atau malah menjadi di luar dugaan. Mungkin bagi kamu yang menyukai jalan cerita yang berbeda dan memiliki twist, wajib membaca buku ini.

 

Seven Japanese Tales – Jun’ Ichiro Tanizaki

Image result for Seven Japanese Tales booksumber : goodreads.com

Ada tujuh cerita didalamnya yang berputar di atas tema cinta, tradisi dan tabiat manusia. Dalam setiap ceritanya terdapat bumbu ironi dan tragedi bercampur dengan hal-hal yang tabu dan kontroversial. Seven Japanese Tales dianggap sebagai perkenalan yang tepat untuk mengetahui gaya kepenulisan Tanizaki yang identik dengan karakter-karakter yang nyentrik serta jalan cerita yang gelap.

 

Snow Country – Yasunari Kawabata

sumber : goodreads.com

Dianggap sebagai mahakarya terbaik dari Yasunari Kawabata, Snow Country mengangkat cerita melankolis tentang daerah pergunungan yang terisolasi dan kisah cinta di dalamnya. Yasunari sendiri adalah pemenang Nobel Sastra dan dikagumi dalam penggambaran keindahan kata-kata serta metafora di dalam ceritanya. Snow Country dianggap sebagai salah satu karya hebat miliknya yang pernah ada.

Semoga saja buku-buku di atas bisa membuat kamu lebih tertarik pada ya. Tidak hanya menambah ilmu, buku-buku tersebut juga sangat disarankan bagi kamu yang ingin mempelajari sejarah sastra Jepang!

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: