Mengenal Prefektur Dalam Sistem Administrasi Jepang

Dalam pembagian wilayah di , minnasan akan menemukan istilah prefektur. Misalnya prefektur Hokkaido, Kyoto, Osaka, atau Nagasaki. Dalam sistem administrasi , istilah prefektur itu apa sih sebetulnya?

Istilah prefektur digunakan untuk menerjemahkan wilayah administrasi, yang kurang lebih seperti sebuah negara bagian atau provinsi jika di Indonesia. Prefektur Jepang dibagi menjadi 47 prefektur. Keempat puluh tujuh prefektur tersebut biasanya dikelompokkan menjadi empat bagian, yang dalam bahasa Jepang disebut dengan Todofuken, yakni:

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php
  • To” merupakan prefektur satu metropolis atau bisa disebut ibu kota yakni Tokyo,
  • Do” adalah prefektur satu sirkuit seperti Hokkaido, dimana istilah ini pada awalnya digunakan untuk merujuk kepada wilayah Jepang yang terdiri dari beberapa provinsi, 
  • Fu” merupakan dua prefektur perkotaan atau dua kota besar seperti Osaka dan Kyoto, dan
  • Ken” yang digunakan untuk untuk 43 prefektur lainnya di Jepang.

juga sering dikelompokkan menjadi sembilan wilayah (Chiho) yakni Hokkaidō, Tōhoku, Kantō, Chūbu, Kansai, Chūgoku, Shikoku, Kyūshū, dan Okinawa. Pengelompokan kesembilan wilayah tersebut tidak secara resmi ditentukan, tidak memiliki pejabat terpilih, dan tidak pula berbadan hukum. Namun, dalam praktiknya urutan prefektur berdasarkan lokasi geografis sering digunakan.

Beberapa prefektur di Jepang dibagi lagi ke dalam beberapa subprefektur. Subprefektur adalah sebuah wilayah yuridiksi yang dicakup kantor cabang (sicho) dari pemerintah suatu prefektur. Pada umumnya, sebuah subprefektur mencakup beberapa kota, kota kecil, dan atau juga desa. Subprefektur diciptakan untuk memberikan pelayanan administratif prefektur di daerah yang cukup jauh dari ibu kota prefektur, dan karena itu biasanya tidak dimasukkan dalam penulisan alamat.

Nah, minasan, sekarang sudah tau kan, Prefektur itu apa sebetulnya? 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: