Pertama kali Tinggal di Jepang? Wajib Baca!

Minasan Konnichiwa! ^_^ Bagi minasan yang baru pertama kali akan , pasti agak sedikit kebingungan dengan hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan wajib diketahui di wilayah yang akan minasan tinggali. Kali ini, Amaria-chan akan membagi pengetahuan mengenai hal yang pertama dan wajib di laksanakan ketika minasan mulai .

 

  1. Cari Tahu Alamat,Peta dan Sarana Transportasi di Tempat Minasan Tinggal

Buat Minasan yang akan tinggal lama di , alangkah baiknya untuk menghafal alamat dan memiliki peta wilayah tempat minasan tinggal. Alamat penting untuk diingat karena akan selalu digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti menulis laporan ketibaan, pembuatan rekening, dan hal-hal yang berkaitan dengan registrasi. Jangan lupa untuk mencoba menulisnya dengan Huruf Kanji. ^_^/

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Sedangkan peta kota wilayah penting untuk mengetahui lokasi tempat-tempat penting di sekitar minasan tinggal. Nah, untuk sarana transportasi juga penting untuk diselidiki, jangan sampai tersesat atau salah ketika akan bepergian. Kalau bisa, Minasan bisa tuh minta Peta Subway (Chikatetsu no Chizu) dan/atau Peta Jalur bis (houkou basu no chizu). Tergantung dengan dimana minasan tinggal, jenis sarana transportasi yang digunakanpun akan berbeda-beda. Ada pula kemungkinan di wilayah Minasan tinggal tidak ada Subway (chikatetsu), minasan bisa berexplore sendiri. ^^/

 

  1. Cap NamaMembuat Inkan (Cap Nama)

Mungkin sebagian besar dari minasan sudah tau jikalau tanda tangan (sign) di Jepang itu menggunakan Cap (Stamp), bukan ditulis seperti di Indonesia. Minasan bisa membuat inkan di tempat-tempat umum atau pergi ke toko Inkan nya itu sendiri.

Ngomong-ngomong, untuk Inkan tidak bisa menggunakan huruf Alfabet (romaji), minasan harus mengubahnya menjadi nama Katakana terlebih dahulu, dikarenakan Inkan akan digunakan dalam setiap registrasi di Jepang, jadi Minasan harus segera memilikinya kalau tidak mau semua registrasi tinggalnya terhambat. Oiya, biasanya harga Inkan berkisar 400Yen (sekitar IDR42ribu).

 

  1. Pergi ke Kuyakusho=区役所 Setempat (Setelah 3 Hari Tinggal di Jepang)

Okey, lanjut ke tahap selanjutnya yaitu pergi ke Kuyakusho (kalo di Indonesia sama dengan Kator kelurahan) untuk registrasi tinggal dan supaya mendapat kartu insuransi kesehatan juga. Amaria-chan kasih tau nih apa saja yang harus di bawa ke Kuyakusho

  • 在留カードZairyuu Ka-do (Kartu KTP sementara yang di dapet di Bandara)
  • アパートの契約書(Apa-to no keiyakusho) Surat Kontrak Apartemen, atau surat kontrak tinggal asrama dsb
  • Pasport
  • Uang Jepang (Karena kadangan suka disuruh bayar uang Insuransi Kesehatan di muka)
  • 印鑑(Inkan) Cap Nama

Salah satu Kuyakusho di JepangIngat yah, minasan hanya bisa datang ke Kuyakusho sesuai dengan 区(distrik) dimana tempat Minasan tinggal. Misalnya, alamat Minasan ada di 中央区(chuuou-ku) berarti minasan harus pergi ke中央区 Kuyakusho, dsb.

Tiba di Kuyakusho biasanya minasan di suruh untuk mengisi form data, tapi tenang saja ada staf yang akan membantu ketika kita mengisi formnya kok. Jadi tidak usah takut salah. Setelah semua registrasi selesai kita hanya diharuskan menunggu surat dari Kuyakusho yang akan datang ke rumah (biasanya paling lama sekitar 2 harian).

Kartu Asuransi Kesehatan(保険書=Hokensho) dan Resident Card (住民票=Jyuuminhyou) yang selesai dicetak jangan sampai hilang, karena berguna untuk registrasi lainnya. Jikalau hilang, minasan harus segera lapor ke Kuyakusho nya lagi. Jadi, berhati-hatilah yah! ^_^/

 

  1. Buatlah Rekening Bank Jepang

Setelah Minasan memiliki Inkan, 住民票=Jyuuminhyou, dan保険書=Hokensho Minasan harus membuat Rekening BankATM dan Buku Rekening Yuucho Ginkou Jepang. Loh, kenapa?

Karena semua tagihan Asuransi, Apartemen Telepon genggam dsb ditarik langsung dari Rekening Bank yang ada di Jepang. Jikalau Minasan masih berumur kurang dari 20 tahun Amaria-chan sarankan untuk membuka tabungan di Japan Post(郵貯銀行=Yuucho Ginkou)

 

  1. Membeli SepedaContoh Kartu Kepemilikan Sepeda Jepang

Untuk mempermudah sarana transportasi Minasan di Jepang, alangkah baiknya Minasan membeli sepeda. Membeli yang baru pasti mahal tentunya, tapi jika Minasan pergi ke Recycle Shop terdekat atau Toko Sepeda biasa Minasan pasti dapat sepeda dengan harga terjangkau. Untuk sedikit bocoran, harga nego paling murah sepeda itu 3000Yen (sekitar 440rbuan).

Untuk sepeda yang sudah dibeli, biasanya akan diharuskan untuk mengisi 自転車防犯登録カード(Jitensha Bouhan Touroku Ka-do)=form registrasi kepemilikan sepeda (Kalau di Indonesia seperti STNK gitu deh) nah, Minasan harus merogoh kocek 1000yen untuk registrasi tersebut. Minasan hanya diharuskan mengisi Nama, dan Alamat saja koq, jadi ketika sepedanya hilang Minasan masih bisa menemukannya dengan cara memperlihatkan nomor stiker sepeda ke pihak polisi.

Pihak kepolisian pasti akan menemukan sepeda yang hilang biasanya dalam kurun 1-3 hari atau bisa terkadang lebih dari 1 mingguan. Supaya tidak hilang kunci sepedanya dengan baik yah Minna!

 

  1. Membeli Telepon Genggam

Okey, yang terakhir adalah Handphone atau kalau di jepang lebih akrab dibilang Smartphone. Minasan yang akan tinggal di Jepang bisa membeli smartphone di negeri Sakira tersebut, jika Minasan sudah memiliki Inkan, 在留カード=Zairyuu ka-do,住民票=Jyuuminhyou, 保険書=Hokensho, dan rekening bank (Passport juga penting untuk selalu dibawa).

Tapi bagi Minasan yang masih di bawah umur 20 tahun, alangkah baiknya pergi bersama teman atau keluarga yang berumur lebih dari 20 tahun untuk menjadi wali pengganti. Karena Minasan tidak bisa membeli Smartphone jikalau masih berumur kurang dari 20 tahun (sedih yah >_<). Jikalau masih bersikeras ingin membeli smartphone di Jepang, Amaria-chan sarankan untuk membawa Photo copy Passport Ibu/Ayah (Kandung), dan photo copy rekening bank orang tua.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: