Persiapan Fisik dan Mental Menghadapi Musim Dingin di Jepang

Selain culture shock, salah satu tantangan yang akan kalian hadapi saat awal datang ke Jepang ialah perubahan musim. Jika musim panas mungkin kalian tidak akan begitu kesulitan, pun untuk musim gugur dan musim semi. Tetapi musim dingin itu spesial, itu adalah momen dimana alam Jepang menjadi sangat jahat. Maka dari itu agar aktivitas sehari-harimu tak terganggu di musim dingin, kamu harus lakukan persiapan fisik dan mental menghadapi

Persiapan-persiapan fisik dan mental ini harus kamu lakukan ketika musim gugur atau sekitar bulan Oktober- Desember. 

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Adaptasi Dingin

Salah satu kemampuan paling dasar yang dimiliki setiap orang ialah adaptasi terhadap kondisi alam. Musim dingin dengan temperatur lima sampai minus dua derajat celcius tidak datang secara tiba-tiba. Pada musim gugur temperatur turun secara bertahap hingga mencapai musim dingin. 

Jadi persiapan fisik dan mental menghadapi musim dingin yang harus kamu lakukan ialah jangan langsung menggunakan pakaian hangat saat musim gugur. Bertahanlah sedikit menggunakan pakaian musim gugur seperti orang Jepang. Walaupun awalnya sedikit dingin, tetapi tubuh kita akan sedikit menyesuaikan temperatur. 

Hal ini akan membuat tubuhmu lebih siap ketika menghadapi musim dingin di Jepang. 

Lari Pagi

Mungkin bagi kalian bangun pagi hari di Jepang sangatlah mudah, karena biasanya orang baru berangkat kerja pada pukul 8, lebih siang satu jam dibandingkan di Indonesia. Pada musim biasa, bangun di jam 5 atau 6 pagi bukanlah masalah buat kalian. 

Di musim dingin semuanya berubah. Jam 9 pagi sekalipun kalian akan masih menempel di futon (tempat tidur) dan selimut tebal. Kelakuan semacam ini yang harus kalian hindari, itulah kenapa penting melakukan persiapan fisik dan mental menghadapi musim dingin. 

Mulai dari bulan Oktober, setelah mematikan alarm bangun pagi, kalian harus segera cuci muka (kemudian beribadah bagi yang muslim) dan mulailah beraktivitas. Salah satu pilihannya ialah lari pagi.

Lari pagi merupakan aktivitas yang sangat bagus dan menyehatkan untuk tubuh. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa berolah raga pagi dapat membuatmu lebih semangat bekerja dan lebih fresh dalam beraktivitas. 

Karena itu, segera siapkan sepatumu dan berlarilah ke taman terdekat. 

Jaga Aktivitas Fisik

Menjelang musim dingin, pada bulan-bulan November, temperatur udara sudah turun hingga 7°C. Tetapi jangan kurangi aktivitas fisikmu di luar ruangan. Seperti biasanya, walaupun sangat dingin tetaplah lakukan aktivitas di luar ruangan seperti biasanya. Hari sabtu dan minggu tetap lakukan aktivitas seperti jalan-jalan, bersepeda atapun berolah raga di musim dingin

Terkadang karena dingin, kalian jadi enggan ke luar ruangan dan memutuskan untuk berdiam di dalam ruangan. Keputusan ini biasanya berdampak di musim dingin. Saat musim dingin kalian jadi pemalas dan hanya bisa mengerjakan sedikit sekali pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan. Karena itu, persiapan fisik dan mental menghadapi musim dingin ini perlu kalian lakukan.

Atur Ulang Jadwal

Menjelang musim dingin, kamu harus mengatur ulang jadwalmu, terutama di malam hari. Kalau di musim-musim biasanya kamu masih bisa santai-santai aja hangout di jam 11 atau 12 malam. Maka di musim dingin jam 9 itu sudah larut malam!

Saat musim dingin, kamu tidak lagi bisa tidur jam 2 dini hari kemudian bangun jam 7 pagi. Tubuhmu terkondisikan untuk beristirahat lebih. Tidur jam 2 dini hari akan membuatmu bangun di jam 10 pagi, atau mungkin lebih siang.

Oleh karena itu persiapan fisik dan mental menghadapi musim dingin yang harus kamu lakukan ialah menyesuaikan jadwal hangout bareng teman-temanmu agar tidak terlalu larut malam.

Tokyo, Tokyo, Japan
Majime Kun

Majime Kun

Self Proclaimed Scientist

Leave a Reply

%d bloggers like this: