Perbedaan Beras Jepang dan Beras Indonesia, Mana Lebih Enak?

Bagi yang belum pernah merasakan atau sudah lama bertanya-tanya apa sih perbedaan beras lokal dan beras asal negeri sakura ini, Gate akan menerangkan seperti apa kedua jenis beras tersebut. 

 

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Yang harus kamu tahu adalah beras Indonesia lebih beragam dari beras Jepang, sehingga mempengaruhi aromanya yang berbeda-beda dari jenis padi lokal yang ditanam. Makanya ada banyak jenis beras Indonesia seperti beras “pandan wangi”, beras “rojolele” dan lain-lain. Kalau kamu berkunjung ke satu daerah, beras yang digunakan bisa berbeda misalnya kamu yang biasanya menikmati beras yang pulen di pulau Jawa maka di Kalimantan atau daerah lain, bisa jadi beras yang dipakai teksturnya lebih keras, padat dan tidak lengket. Walau begitu, sepulen apapun beras Indonesia, biasanya teksturnya tetap tidak sama dengan beras Jepang.

Dari bentuk pun, beras Indonesia memiliki bentuk butiran yang lebih panjang. Karena umumnya memang tidak lengket inilah beras Indonesia yang dimasak menjadi nasi cocok disajikan dengan makanan seperti ikan, daging ayam, soto, nasi goreng dan makanan-makanan khas Indonesia lainnya. Mungkin agak aneh kalau menikmati nasi lengket untuk menu-menu di atas berikut ya?

 

Beras Jepang

Beda negara, beda juga dengan tekstur berasnya. 

Beras Jepang memiliki bentuk butiran yang lebih pendek dari beras Indonesia dan ketika dimasak menjadi nasi, hasilnya menjadi lebih lengket dan lunak. Akan sangat jarang (atau mungkin tidak sama sekali) kamu menemukan nasi Jepang yang memiliki tekstur tidak lengket karena bagi lidah orang Jepang, nasi yang ideal adalah yang seperti itu. 

Maka dari itu pula nasi Jepang cocok dijadikan sebagai onigiri, bahan untuk sushi dan makanan-makanan lainnya yang dikonsumsi dengan menggunakan sumpit. Coba bayangkan seandainya beras Indonesia yang dipakai lalu bagaimana caranya menjepit nasi yang tidak lengket dengan sumpit? Pasti sulit kan?

 Nah tentu, mana yang paling enak antara nasi dari beras Indonesia atau beras Jepang tergantung dari seleramu.

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: