Pelajaran Berharga dari Sosok Jiro Sang Sushi Master

Ada yang tahu Sukiyabashi Jiro? Kalau kalian pencinta kuliner , kalian harus tonton film dokumenter berjudul Jiro Dream of Sushi. Tokoh utama dalam film tersebut ialah seorang kakek berusia 85 tahun, Jiro Ono, yang tidak lain juga merupakan seorang sushi master. Kali ini aku coba bahas beberapa pelajaran berharga dari sosok jiro sang sushi master. 

Menemukan Passion Sedini Mungkin

Jiro Ono dilahirkan pada tanggal 27 Oktober 1925. Ia memulai karirnya di dunia kuliner sejak usia sangat dini yakni bekerja di restoran pada usia 7 tahun. Menemukan passionnya pada dunia kuliner khususnya sushi, pada usia 9 tahun ia melanjutkan pelatihannya menjadi seorang chef sushi di restoran di area Tokyo. 

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Walaupun kesannya tidak mungkin untuk hidup sama persis seperti apa yang Jiro lakukan, (yaitu kerja pada usia sekolah), namun point pentingnya ialah dia telah menemukan hal yang disukainya dan mengejar passionya. 

 

Jangan Takut Merantau

Seperti cerita sebelumnya, Jiro merantau pada usia 9 tahun, ini adalah usia ketika kita bahkan belum lancar baca tulis. Ia berani merantau menantang ibu kota Tokyo untuk menjadi seorang chef sushi handal. 

Namun ingat juga kalau perantauan Jiro memiliki tujuan yang jelas dan dengan tekad yang bulat. Jadi jangan coba-coba merantau hanya buat main-main yang hanya dalam beberapa bulan sudah balik lagi. 

Fokus

Sejak usia 7 tahun ia sudah menekuni dunia kuliner, kemudian 9 tahun ia memutuskan untuk belajar menjadi chef sushi. Kemudian Jiro menjadi seorang chef sushi professional pada tahun 1951 dan ia membuka restorannya Sukiyabashi Jiro pada tahun 1965.

Jadi butuh waktu lebih dari 15 tahun untuk seorang Jiro hingga bisa menjadi chef sushi professional. Setelah itu butuh waktu 15 tahun lagi untuk membuka restoran sushinya sendiri. Ini bukanlah waktu yang singkat.

 

Keterbatasan Bukanlah Penghalang

Restorannya berada di Ginza, Tokyo dan lokasinya ialah di lantai basement sebuah gedung dekat stasiun kereta. Lokasi restorannya ini tidaklah mewah, tidak elite, bahkan terlihat biasa dan sangat sempit karena hanya bisa memuat 10 orang pelanggan. 

Tetapi reputasi dari restorannya ini sudah mendunia. Ingat! Sebuah kios yang hanya mampu menampung 10 orang ini memiliki reputasi yang mendunia. Pelanggan sushi Jiro  bukan hanya dari Jepang tetapi juga dari mancanegara.

Setiap pelanggan yang datang untuk makan sushi di tempat ini juga harus melakukan reservasi sebelum datang. Di tempat kecil dengan peralatan dapur yang tidak begitu mewah, Jiro membuat sushi yang harganya ¥32.400 atau jika di rupiahkan ialah sekitar 3.4juta rupiah per porsinya. Setiap porsinya berisi 20 potong sushi. 

Harga yang terlihat tidak masuk akal ini tentu saja beralasan, yaitu Jiro adalah pembuat sushi terbaik di planet bumi yang masih hidup. Restorannya juga mendapatkan michelin 3 star, sebuah penghargaan dalam dunia kuliner yang bahkan akan sangat sulit untuk diraih hotel dan restoran bintang lima sekalipun. 

 

Tekun

Pelajaran dari Sososk Jiro Sang Master Sushi
Pelajaran dari Sososk Jiro Sang Master Sushi

Dari awal, yang menjadi kunci sukses dari seorang master sushi Jiro ialah ketekunannya untuk belajar membuat sushi, berkreasi dan meningkatkan kualitas sushinya. Hingga berusia 91 tahun Jiro masih melakukan kebiasaan rutinnya untuk bangun di pagi hari kemudian pergi ke pasar untuk membeli bahan-bahan sushi di pasar ikan. 

Dalam film dokumenternya Jiro Dream Of Sushi, ia mengatakan bahwa hal yang paling dia benci ialah libur bekerja. Ini keluar dari seorang yang bukan hanya sudah master sushi tetapi telah menjadi chef sushi terbaik di planet bumi sekaligus sosok ikonik dalam dunia kuliner.

 4 Chome-2-15 Ginza, Chūō-ku, Tōkyō-to 104-0061, Japan
Majime Kun

Majime Kun

Self Proclaimed Scientist

Leave a Reply

%d bloggers like this: