Tinggal dan Cari Kerja di Jepang, Kerja Apa?

sebagai orang luar memang tidak mudah. Namun beberapa kesempatan memang tidak seharusnya ditolak seperti misalnya mendapat beasiswa, melanjutkan sekolah atau memang berpindah mengikuti keluarga. juga selain perlu bersosialisasi amat penting untuk bisa mandiri dan tetap mencari lumbung penghasilan. Apalagi untuk kalangan pelajar atau pekerja yang memiliki kantong terbatas, kemungkinan perlu untuk cari kerja di . Berikut beberapa pekerjaan yang mungkin bisa cocok mina-san coba bila dalam waktu yang permanen!

1.Pelayan dan Sales Promotion

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Menjadi pelayan atau sales bukanlah sesuatu yang memalukan. Pekerjaan-pekerjaan seperti ini selalu diperlukan di banyak negara, terutama Jepang yang memiliki banyak restoran dan tempat-tempat promosi seputar fashion. Mina-san bisa mencoba mendaftar menjadi seorang pelayan coffee shop atau restoran yang memang bisa membayar dengan gaji cukup tinggi. Sementara sales pun juga merupakan pekerjaan menyenangkan, mulai dari pembagi brosur sampai sales fashion dan kecantikan banyak sekali terdapat di distrik-distrik sibuk di Jepang.

2. Menjadi Pengajar

Mina-san bisa mulai dengan menjadi guru di TK atau tingkat Sekolah Dasar sebagai langkah awal. Pekerjaan sebagai guru bukan hanya menarik karena membuat kamu jadi cepat beradaptasi dengan masyarakat di sana namun juga menambah ilmu secara gratis.

3. Perusahaan Teknologi

Kalau mina-san berstatus sarjana lengkap dengan track record luar biasa, mendaftar di perusahaan teknologi adalah langkah yang tepat. Bukan hanya karena perusahaan teknologi di Jepang banyak dan amat maju tapi juga karena gaji untuk pegawainya sudah pasti memuaskan. Kamu tidak akan menyesal, mina-san!

4. Penerjemah dan Penulis

Terakhir, pekerjaan sebagai penerjemah atau penulis. Kalau mina-san jago sekali berbahasa Jepang, pekerjaan yang satu ini cocok sekali untuk dicoba. Kamu bisa melamar ke salah satu perusahaan penerbit atau yang bergerak di bidang copywriting di sana. Keuntungannya bukan cuma penghasilan yang banyak tapi fleksibilitas dalam bekerja sehingga mina-san bisa santai bekerja dari rumah. Nah, kapan lagi bukan?

Tapi ada satu hal yang perlu diingat ya mina-san : untuk cari kerja di Jepang, akan lebih mudah dijalani (dan sang perekrut akan mudah juga menerima) bila kamu dapat berbahasa Jepang. Itulah kenapa bila mina-san tinggal di Jepang, segera biasakan diri dengan bahasa di tempat tinggal dan kalau perlu ikuti kelas bahasa agar cepat fasih. Banyak sekali kelas bahasa dari mulai full time sampai paruh waktu yang tersedia agar kamu cepat mengerti dan beradaptasi dengan negara yang baru kamu tempati!

Leave a Reply

%d bloggers like this: