Onigiri, Si Bola Nasi Murah Meriah

Ada kemungkinan besar ketika manusia tidak secara sengaja membuat sebuah makanan karena tidak adanya lauk pauk, maka sebagai teman makan nasi digunakan lah garam. Kemudian nasi yang diberi garam diaduk hingga rata, lalu langsung dimakan. Tetapi ada juga orang tua yang membuatnya dengan cara dikepal-kepal berbentuk bola, agar dapat dimakan dengan mudah. Ternyata, tradisi atau kebiasaan tersebut sudah ada sejak tahun 1987 lho mina-san. Tepatnya pada jaman Yayoi di . Nasi kepal tersebut dinamakan .

Onigiri (お握り atau  御握り; おにぎり) atau yang sering disebut bola nasi adalah yang terbuat dari nasi putih, yang dibentuk menjadi segitiga, bulat atau silinder dan seringkali disajikan dengan dibungkus oleh selembar nori (rumput laut). Namun sekarang, nasi kepal ini juga dapat dibentuk dengan bentuk-bentuk lucu kesukaan anak-anak. Dikenal juga dengan nama omusubi (お結び; おむすび), istilah yang kabarnya dulu digunakan oleh kalangan wanita di istana kaisar uonigirintuk menyebut onigiri.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Cara membuatnya pun cukup sederhana. Menggunakan beras yang memiliki kadar kanji tinggi seperti beras Jepang (Japonica). Beras ini cukup berbeda dengan beras-beras yang berada di Asia Tenggara atau beras Asia (Indica). Nasi dari beras Japonica dapat dengan mudah melekat satu sama lain sehingga mudah untuk dibentuk menjadi onigiri. Sebelum membuat nasi kepal ini, kedua telapak tangan harus dibasahi terlebih dahulu dengan air matang. Ini dimaksudkan agar nasi tidak menjadi lengket di tangan. Lalu jangan lupa tangan diberi sedikit garam dapur, agar nasi menjadi ada sedikit rasa.

Jika jaman dulu onigiri hanyalah nasi yang dibentuk, sekarang banyak onigiri yang diberi isi seperti salmon, ayam dan lainnya sesuai selera. Dan mina-san juga dengan mudah dapat membuatnya sendiri di rumah ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: