5 Oleh-Oleh Tradisional Jepang yang Antimainstream! (2)

Sudah dua oleh-oleh tradisional Jepang yang antimainstream diulas di artikel sebelumnya. Jika masih belum cocok dengan wish list, Gate masih punya ulasan part selanjutnya lho. Cindera mata ini pastinya hanya bisa mina-san temukan di Jepang, jadi akan semakin terasa atmosfir Jepangnya.

Kain Chichibu Meisen

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Ini adalah salah satu jenis kain sutra, banyaknya peternakan ulat sutra di Saitama-lah yang membuat perfekture ini menjadi penghasil kain sutra dengan kualitas terbaik. Ciri utama dari kain sutra ini terdapat di teknik pembuatannya yang disebut hogushi nessen. Teknik ini mampu menghasilkan warna benang yang belum diolah memiliki warna yang sama di sisi depan maupun sisi belakang. Lucunya, tampilan kain akan berubah-rubah warna gradasinya tergantung dari sudut mana mina san memandangnya. Oiya, tak hanya membeli, mina-san juga bisa melihat langsung proses pembuatan dan mencoba langsung kain ini di Gedung Chichibu Meisenkan yang ada di Kota Chichibu.

Ada dua jenis boneka Iwatsuki yang dibuat di Distrik Iwatsuki, yaitu boneka edo kimekomi dan boneka ishogi. Kedua boneka ini terbuat dari serbuk kayu pohon paulownia yang sengaja dipadatkan agar badan boneka tidak mudah rusak dan jadi lebih awet.

 

Edo Kimekomi

Cara pembuatan boneka kimekomi adalah dengan memasukkan serbuk kayu ke dalam cetakan boneka yang terbuat dari tanah liat. Setelah tubuh boneka kering dan menyatu dengan serbuk kayu, kemudian pada bagian depan diolesi bubuk putih untuk memudahkan pemahatan menggunakan pisau pahat. Setelah itu, proses terakhir adalah memasukkan ujung kain baju boneka ke bagian badan boneka yang sudah dipahat sebelumnya.

 

Boneka Ishogiperfektur saitama

Cirri dari boneka ini adalah kostumnya yang menawan. Berbeda dengan boneka sebelumnya yang dicetak, boneka ishogi ini dibentuk menggunakan jerami yang diikat dengan kuat dan ditempeli washi. Lalu step terakhir adalah dipasangi tangan dan kaki, bagian alas dan kostum. Kostum boneka ini terbuat dari kain yang mewah, namun tetap memiliki unsur tradisional nishijin dari Kyoto. Boneka-boneka lucu ini bisa mina dapatkan di sekitar Stasiun Iwatsuki, dan berpusat di dekat pintu timur jalan besar.

 Ogawa, 小川町, Hiki-gun, Saitama Prefecture, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: