Festival “Ohanami” di Hokkaido

, Japan. Berbeda dengan di Tokyo, di Sapporo, dan mekar pada saat yang hampir bersamaan, yaitu di sekitar Golden Week. Jika Anda bisa mengunjungi tempat-tempat di mana kedua pohon ditanam, Anda dapat melihat kedua bunga pada saat yang bersamaan. Pemandangan “” ( khas ) ini yang paling terkenal adalah di Kuil Hokkaido di daerah Maruyama, Sapporo.

Bunga Sakura Jepang

Di Hokkaido Shrine, Anda dapat melihat sekitar 1.400 pohon sakura dengan banyak jenis; Ezoyamasakura yang berwarna pink pekat, Someiyoshino, Yaezakura, Chishimazakura, dan Shidarezakura, yang merupakan jenis langka di Hokkaido. Di sisi lain, terlihat juga sekitar 250 pohon ume dengan warna bunga merah muda terang dan putih, yaitu Bungoume, Koubai, Hakubai, dan masih banyak lagi.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Pada mulanya, pada tahun 1875, Senkichi Fukuyama, pengikut Yoshitake Shima (yang dikenal sebagai “The Father of Hokkaido”), menanam 150 pohon sakura di sepanjang jalur tersebut, sebagai peringatan serta pengantar agar jiwa Yoshitake Shima ini damai dan kekal selamanya. Setelah itu, semakin banyak pohon sakura ditanam di sekitar sana, dan Kuil Hokkaido menjadi tempat “Ohanami” (festival melihat bunga khas Jepang) yang terkenal di tengah periode Meiji.

Sementara untuk Ume, para relawan dari kantor pemerintahan Hokkaido pertama kali menanamnya sebagai perayaan penobatan Taisho Tenno pada tahun 1915.

Bunga Ume JepangPada tahun 1923, seiring dengan diperpanjangnya jalur “Sapporo Streetcar” (semacam kereta dalam kota), pengunjung kuil Hokkaido Shrine meningkat semakin banyak. Meski sekarang Streetcar tersebut sudah diganti dengan kereta bawah tanah, tapi orang-orang masih datang mengunjungi Hokkaido Shrine untuk melihat indahnya dan bunga ume. Sejak pertengahan jaman Meiji hingga hari ini, Hokkaido Shrine masih terkenal sebagai tempat “Ohanami” (festival melihat bunga khas Jepang).

Waktu pohon-pohon tersebut berbunga* di Sapporo kira-kira pada 29 April untuk sakura dan 1 Mei untuk ume. Dibandingkan dengan Tokyo, di mana Sakura berbunga pada 26 Maret dan 26 Januari untuk ume. Di Sapporo, ume dan sakura berbunga pada saat yang hampir bersamaan. Karena itu bila Anda datang ke Kuil Hokkaido Shrine, di mana kedua pohon ditanam, Anda dapat merasakan pengalaman “Ohanami” (festival melihat bunga khas Jepang) untuk dua bunga sekaligus.

Yuk datang dan saksikan keindahan kedua bunga tersebut di kuil Hokkaido Shrine?

(* Sumber data dari Badan Meteorologi Jepang.)

Leave a Reply

%d bloggers like this: