Ocha atau Matcha?

Jika Minasan pergi ke restoran Jepang, pasti selalu disediakan minuman khas Jepang yang mirip seperti teh yaitu . Tapi tahukah Minasan apa itu ? Lalu pasti sering juga mendengar kata . Apa itu ? Apakah sama dengan Ocha? Ocha atau ? Ayo coba dijawab bersama.

Ocha adalah Bahasa Jepang dari , merupakan daun teh yang masih agak utuh. Dan cara penyajiannya pun hampir sama dengan teh pada umumnya, yaitu diseduh dan warna air nya pun berwarna bening hijau kecoklatan. Ketika sudah siap, Ocha disajikan saja seperti itu tanpa menggunakan apapun lagi terutama gula, karena rasa dari Ocha akan berubah.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

matchaBerbeda dengan Matcha. Jika Ocha berbentuk daun teh yang masih utuh, maka Matcha adalah bubuk dari daun teh yang sudah digiling halus. Karena bentuknya adalah bubuk, maka mempermudah para produsen makanan dan minuman untuk menggunakannya sebagai bahan campuran. Ketika diberi air, tekstur Matcha menjadi lebih kental daripada Ocha. Terlebih lagi, Matcha sangat bersahabat dengan cream dan gula. Itu sebabnya lebih banyak orang menyukai Matcha yang manis dan creamy daripada Ocha yang tawar.

Dari segi manfaatnya, keduanya pun memiliki perbedaan. Matcha memiliki kandungan kafein, polifenol, antioksidan yang tinggi dan L-Theanine daripada teh kebanyakan. Karena itulah dalam beberapa penelitian, Matcha dikatakan lebih mampu untuk membantu proses pembakaran lemak, mencegah kanker, menjernihkan pikiran, meningkatkan konsentrasi dan menstimulasi mental agar lebih sehat. Selain itu, Matcha juga memiliki lebih banyak kandungan klorofil yang membuat daya detoks pada Matcha jauh lebih baik.

Keduanya memiliki manfaatnya sendiri-sendiri dan sangat berkhasiat dalam kesehatan. Jadi manakah yang lebih Minasan pilih? ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: