Nippon Maru, Kapal Legendaris di Yokohama

adalah ibu kota dari prefektur Kanagawa, juga adalah kota pertama di yang menjadi pembuka jalur perdagangan sekaligus hubungan internasional dengan negara-negara lain di dunia. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di setelah Tokyo. Dan di kota ini juga, ada sebuah kapal legendaris yang terkenal bernama .

Nippon Maru (日本丸) adalah sebuah kapal untuk pelatihan bagi 11.500 para taruna calon perwira kelautan yang belajar bagaimana caranya berlayar. Dibuat pada tahun 1930, kapal megah ini berhasil menempuh jarak berlayar sekitar 1.830.000 km atau setara dengan 45,5 kali berlayar mengelilingi bumi. Namun pada tahun 1984, akhirnya kapal ini resmi berhenti beroperasi. Setelah ditempatkan dibawah otoritas Kota Yokohama, setahun kemudian pada 1985, Nippon Maru dibuka untuk umum.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

nippon maru

Kapal Nippon Maru ini menjadi bagian dari di Minatomirai. Pihak museum terus merawat kapal ini sampai sekarang. Sehingga walaupun usianya hampir mencapai 80 tahun, namun keaslian dan kemegahan Nippon Maru masih sangat terjaga. Tentu saja museum ini sangat layak untuk dikunjungi oleh Minasan. Karena disini, Minasan dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang awak kapal laut melalui sebuah simulator. Eits, tapi simulator ini bukan hanya untuk main-main. Simulator ini bisa membuat Minasan merasa membawa sebuah cruise ship menuju pelabuhan Yokohama dalam skala asli.

Untuk masalah tiket masuk, bagi siswa SMA dan lainnya dikenakan biaya sebesar 600 yen. Sedangkan untuk siswa SD dan SMP hanya dikenakan biaya sebesar 200 yen. Nah, jika Minasan mengadakan tour ke Nippon Maru hingga mencapai 20 orang, maka harus membayar sebesar 500 yen. Dan jika hari sabtu, maka untuk siswa sekolah (SD, SMP, SMA) tidak dikenakan biaya alias gratis. Wah kok enak ya? Tapi tenang saja Minasan, tiket yang dibeli dapat digunakan untuk masuk ke dalam Nippon Maru dan Yokohama Port Museum. Jadi gak akan rugi. ^^

Japan 〒220-0012 Kanagawa Prefecture, Yokohama, Nishi Ward, Minatomirai, 2−1−1

Leave a Reply

%d bloggers like this: