Baru Tahu, Ternyata ini Fungsi Seorang Ninja!

Bayangkan sosok manusia berpakaian serba hitam dengan wajah tertutup, berlarian tanpa suara melalui sebuah halaman, atau bahkan menempel di dinding seperti laba-laba, atau berlari ringan di atas atap, cepat seperti kucing, tak bersuara bagaikan hantu. Yep, yang minna-san bayangkan, adalah sosok yang sering kita lihat di manga ataupun film-film. Pembunuh tanpa suara yang dibalut jubah serba hitam dengan kemampuan mematikan. Tapi lepas dari yang kita kenal lewat budaya populer, sebetulnya apa sih sejarah di balik terjadinya ?

Memang sulit untuk menjabarkan dari mana ninja (atau disebut juga dengan shinobi) muncul pertama kali. Karena bagaimanapun juga, orang di seluruh dunia sudah menggunakan jasa mata-mata dan pembunuh seperti ninja. Namun ninja dari mungkin berbeda. Legenda r0021 ninjaakyat Jepang jaman dulu mempercayai ninja berasal dari keturunan demon, setengah manusia setengah gagak. Namun, tidak banyak dokumen sejarah yang merekam mengenai para ninja.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Yang saat ini diketahui, kira-kira di abad ke-15, terjadi perekrutan mata-mata dari kalangan bawah. Para “mata-mata” ini pun dilatih untuk tujuan khusus dengan teknik Ninjutsu, yang bertujuan spesifik agar kehadiran diri kita tidak disadari oleh lawan. Sekitar saat itu pula lah istilah “shinobi” muncul untuk mendefinisikan dan mengidentifikasi ninja sebagai kelompok agen rahasia, tentara bayaran, direkrut sebagai mata-mata, perampok, pelaku pembakaran, dan bahkan teroris. Yes, ninja / shinobi diperlukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan “kotor” yang tidak seharusnya dikerjakan oleh samurai.

 

Penyewaan tentara bayaran dan mata-mata ini populer semasa kerusuhan periode Sengoku (abad 15 hingga 17). Namun, setelah penyatuan Jepang di bawah Keshogunan Tokugawa pada abad ke-17, keberadaan ninja pun semakin memudar dan menghilang. Keberadaan buku-buku manual mengenai ninja / shinobi pun sangat jarang ditemukan, seringnya hanya didasarkan pada filsafat militer China.

Pada jaman Restorasi Meiji 1868, tradisi ninja / shinobi telah menjadi topik imajinasi populer dan legenda misteri di Jepang. Ninja banyak tampil di cerita rakyat dan legenda, dan seringkali sangat sulit memisahkan mana yang hanya mitos dan mana yang fakta. Tidak jarang, cerita-cerita populer tentang ninja didasarkan dari cerita rakyat dan mitos-mitos tersebut.

Leave a Reply

%d bloggers like this: