Museum Fujiko F Fujio, Nostalgia Ke Dalam Dunia Doraemon (1)

Nama Doraemon memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Kartun yang satu ini sudah dikenal dari berbagai generasi, bahkan tidak hanya di Jepang melainkan di seluruh dunia. Mina-san mungkin juga kenal dengan nama Fujiko F. Fujio selaku pengarang komik Doraemon tersebut. Nah bila kamu mengenal semua hal tentang Doraemon (atau malah fans beratnya) yang kebetulan sedang ada di Jepang, bagaimana kalau mengunjungi Museum Fujiko F Fujio?

Ya ini adalah museum Fujiko F Fujio yang siap menyambutnya ke dalam dunia Doraemon yang penuh nostalgia.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Pariwisata Jepang

Museum ini memang termasuk baru karena pembukaannya sendiri pada tahun 2011. Namun sejatinya sebuah museum, tempat yang satu ini wajib dikunjungi oleh siapapun yang fanatik tentang serba-serbi Doraemon. Barang-barang yang direpresentasikan berasal dari studio Fujio dan sangat banyak karya-karya seni yang bisa dilihat di dalam museum ini.

Tapi sedikit informasi nih mina-san, apakah mina-san mengenal cerita dibalik pembuat Doraemon sebenarnya?  Cerita Doraemon ditulis oleh seniman manga Hiroshi Fujimoto atau lebih dikenal dengan Fujiko F. Fujio. Banyak yang bingung apakah Fujiko F. Fujio ini nama satu orang atau nama sebuah tim kepenulisan. Nah begini, Fujiko Fujio adalah nama tim pembuat manga dimana Hiroshi bekerja dengan rekannya, Motoo Abiko (lebih dikenal sebagai Fujiko Fujio A) sementara nama populernya yang memakai huruf tengah F.

Tim Fujiko Fujio sendiri memang selalu saling membantu pada banyak proses pembuatan manga, namun bila melihat setiap cover komik Doraemon, bisa dianggap Fujiko F. Fujio seorang lah dalang dibalik Doraemon sebenarnya.

Pariwisata Jepang

Kalau pertama datang ke museum ini, pasti kesan yang didapatkan adalah begitu kovensional dan rapi. Museum-nya sangat berbeda dari Museum Ghibli yang kesan taman bermain anak-anak-nya sangat kental bahkan sejak di luar ruangan. Namun jangan khawatir karena begitu mengantri tiket dan masuk ke bagian playground, rasanya seperti langsung masuk ke dunia anak-anak khas Doraemon! Mina-san dijamin tidak akan berhenti gemas ketika menjelajahi isi museum ini. Bagaimana tidak, mulai dari patung Doraemon, replika berbagai benda yang identik dengan kartun dan komiknya pun bisa ditemukan.

Nah, untuk mengetahui seperti apa rupa-rupa dalam ruangan, apa saja yang menarik dan tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke museum, nantikan tulisan Maudy-chan berikutnya ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: