Mr. Kanso, Restoran Unik Makanan Kaleng khas Jepang

Apakah mina-san penggemar ? Jika iya, biasanya seminggu bisa menghabiskan berapa kaleng makanan yang dikonsumsi?

Makanan kaleng merupakan salah satu jenis makanan siap saji. Bagaimana mana tidak, mina-san hanya perlu memanasinya saja. Makanan kaleng dipilih karena terlihat lebih praktis untuk dihidangkan, tak perlu repot-repot memasak, dan pastinya bisa bertahan beberapa bulan atau tahun tergantung jenis makanannya. Indonesia pun juga tak kalah ketinggalan. Makanan kaleng yang cukup laris di Indonesia adalah beragam ikan mulai dari sardin hingga tuna serta buah atau sayur kaleng.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Nah, bicara soal makanan kaleng, Jepang juga memiliki soal makanan kaleng. di . Restoran ini sudah terkenal di penjuru Jepang dan wisatawan yang ingin berkunjung ke .

Mr. Kanso ini terlihat lebih mirip bar ketimbang restoran karena tempat serta susunan bangku yang disediakan dirancang layaknya mini bar. Tak hanya itu, beberapa minuman beralkohol juga dipilih sebagai pendamping makan makanan kaleng. Restoran ini dibuka pertama kali di , Osaka, pada tahun 2002 dan sudah memiliki 30 cabang lebih yang tersebar di Jepang. Bangku yang disediakan di dalam bar juga unik. Mina-san bisa memilih untuk duduk di meja dan kursi kayu atau berdiri dengan meja drum besar. Restoran ini hanya menyediakan sekitar 38 tempat duduk.

Cara penyajian makanan kaleng di Mr. Kanso ini juga cukup unik. Pengunjung hanya diberi pisau plastik, garpu atau sumpit kayu. Pihak restoran juga tak memberikan sajian dalam bentuk piring atau makanan kaleng tersebut harus diletakkan di atas piring, tapi mina-san akan menikmatinya langsung dari kaleng. Tak semua makanan kaleng di Mr. Kanso perlu dipanaskan. Kebanyakan makanan kaleng sudah langsung bisa dimakan. Sebelumnya, pengunjung akan terlebih dahulu memilih makanan yang disukai dengan memperhatikan tanda atau label di kaleng untuk mengetahui harganya. Baru lah dilakukan transaksi pembayaran ke kasir dan nantinya makanan akan diantar oleh pelayan restoran. Untuk beberapa menu, pelayan akan menambahkan beberapa bahan lain atau topping seperti daun bawang, rumput laut kering¸ atau katsuboshi.

Di Mr. Kanso, para pengunjung memilih langsung makanan mereka dari rak yang  penuh dengan makanan kaleng.  Jika di beberapa negara makanan kaleng memiliki reputasi yang kurang baik, mina-san tak perlu cemas untuk menikmati makanan kaleng di Mr. Kanso ini. Ratusan ragam makanan kaleng kualitas terbaik yang disajikan di sini mulai dari makanan ala western hingga seperti takoyaki kaleng, telur dadar gulung, atau yang mungkin mina-san belum pernah dengar sebelumnya, seperti nasi merah, kari daging anjing laut, larva lebah berbumbu, inago (sejenis belalang) dan masih banyak lainnya.

Memang berbeda jika dibandingkan dengan menyantap sashimi di pasar Tsukiji atau makan sushi salmon segar, mencoba mampir untuk mencicipi beberapa makanan kaleng di Mr. Kanso dapat memberi mina-san pengalaman jalan-jalan tersendiri. Harga yang ditawarkan juga beragam dan pastinya masih banyak yang terjangkau.

 1-5-26 Minami Horie Nishi-Ku, Osaka, Prefektur Osaka, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: