Mie Bergizi ala Street Food, Yakisoba

Mie adalah salah satu bahan makanan yang biasa dimakan sebagai pengganti nasi dalam kehidupan sehari-hari. Tak jarang bahkan orang lebih menyukai mie daripada nasi itu sendiri. Di setiap negara memiliki ciri khas mie masing-masing. Di , beraneka macam mie dapat ditemukan disini. Salah satunya adalah yang bernama .

Yakisoba (ソース焼きそば (sōsu yakisoba)) adalah salah satu makanan klasik dari Jepang dan umumnya dinilai sebagai . Jika dilihat dari artinya, yakisoba berarti soba goreng saus. Bahan mie yang dibuat berasal dari tepung terigu yang sudah dikukus matang. Biasanya yakisoba menggunakan bumbu kecap atau saus tiram. Campurannya selain mie adalah kol, daging, dan aneka sayur. Bahan lain yang bisa ditambahkan adalah bawang bombay, wortel, acar jahe, udang kering, nori, dan lainnya.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

yakisoba-panMie ini biasanya disajikan di piring atau dalam kotak plastik, dan juga berfungsi sebagai hidangan utama atau hanya menjadi lauk. Tapi di Jepang ada cara lain untuk menikmatinya. Beberapa masyarakat Jepang suka menumpuk mie ke dalam roti, kemudian iris tengah seperti hot dog dan diberikan mayonaise pada bagian atas juga cabik acar jahe. Mereka menyebutnya yakisoba-pan, biasanya tersedia di festival lokal, terkadang juga tersedia di sebagian besar toko-toko.

Yakisoba termasuk makanan yang mudah dibuat di rumah, terlebih bahan bakunya sudah tersedia hampir dimana saja. Bahkan makanan ini juga dapat dengan mudah ditemukan di restoran, festival atau supermarket jika tidak ingin repot-repot membuatnya. Bagaimana Minasan, tertarik untuk mencoba membuat Yakisoba sendiri di rumah? ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: