Menu Takjil Buka Puasa Khas Jepang, Apa Saja Ya?

Takjil identik sebagai hidangan ringan saat buka puasa. Biasanya kolak pisang, kurma dan cendol menjadi hidangan takjil yang kerap disajikan di Indonesia. Tapi bagaimana dengan Jepang? Tentu pola kuliner negara ini memiliki menu yang berbeda.

Nah, kalau kamu kebetulan sedang berada di Jepang saat bulan Ramadhan atau malah ingin membuat hidangan takjil ala Jepang, mungkin rekomendasi berikut ini cocok untuk kamu nikmati : 

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Wakame Seaweed Soup

Sebenarnya menu seaweed soup identik dengan kuliner Korea namun dengan menggunakan bahan Wakame yang merupakan , kamu bisa mencicipi takjil yang manis dan hangat ini. Selain cukup mengenyangkan, wakame seaweed soup juga cocok dilahap sebelum kamu menikmati makanan-makanan berat seperti bento, sashimi atau udon.

 

Chawanmushi

Yang satu ini sayang dilewatkan kalau kamu mau berbuka puasa di Jepang. Chawanmushi adalah menu ringan campuran telur ayam, kaldu, jamur shitake dan daun mitsuba. Biasanya juga bisa disajikan hangat ataupun dingin tergantung cuaca. Yang pasti, teksturnya yang lembut dan menyegarkan sangat pas menjadi hidangan pembuka kamu di Jepang. 

 

Edamame

Siapa yang tidak tahu betapa lezatnya edamame? Identik sebagai cemilan berbumbu, edamame ternyata juga cocok kok sebagai takjil kamu di bulan ramadhan. Biasanya perut akan kaget kalau kita langsung menyantap menu-menu besar dan berat sehingga edamame cocok sebagai hidangan takjil pembuka. Nikmati bersama teh hangat agar suasana bulan Ramadhan kamu semakin kental!

 

Hakuto Jelly

Biasanya disajikan sebagai dessert yang memberikan rasa sejuk pada tenggorokan namun Hakuto Jelly juga sempurna sebagai menu takjil saat buka puasa. Terbuat dari campuran buah peach dan air segar, hakuto jelly menjanjikan tekstur yang lembut dan mudah ditelan. Selain itu aroma buah peach-nya juga membuat kamu semakin semangat untuk melahapnya. 

 

Suimono

Terakhir adalah sup kuah bening yaitu Suimono. Karena biasanya rasanya tergolong agak tawar serta tidak terlalu berlebihan (tidak terlalu asam, manis ataupun pedas), maka makanan satu ini cocok menjadi menu takjil bulan Ramadhan kamu. Bahan-bahan yang dicampur ke dalam suimono biasanya adalah tofu, daun mitsuba, irisan daging ayam kecil beserta bumbu kaldu dan kecap asin dalam takaran yang pas. Nikmat rasanya berbuka puasa dengan menu yang satu ini!

Nah bagaimana menurut kamu hidangan takjil khas Jepang di atas? Bikin penasaran atau punya ide untuk segera membuatnya?

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: