Bagaimana Rasanya Menjalani Bulan Puasa di Jepang? (2)

Setelah membahas tentang suasana berpuasa di Jepang dan beberapa perbedaannya dengan bila melewati ramadhan di Indonesia, mungkin mina-san juga ingin tahu bagaimana agar menjalani bulan puasa yang menyenangkan di Jepang. Kalau ini pertama kalinya kamu datang ke negeri sakura tersebut baik untuk alasan bekerja atau bersekolah, jangan khawatir ada beberapa kiat yang bisa kamu  lakukan agar berpuasa di Jepang menjadi pengalaman yang mengesankan :

Gabung Organisasi Atau Panitia Ramadhan

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Kalau mina-san tinggal di Jepang untuk  melanjutkan sekolah, bisa coba untuk gabung organisasi sesama orang Indonesia seperti organisasi kampus, organisasi kebudayaan dan banyak lagi. Dengan begitu akan lebih mudah memiliki teman untuk diajak buka bersama, tarawih dan kegiatan ramadhan lainnya. Namun bila tidak ada organisasi yang kamu harapkan, bisa juga gabung menjadi bagian dari panitia ramadhan. Kamu tinggal datang islamic centre atau masjid terdekat, karena pasti ajakan terbuka lebar bagi siapapun disana. Masjid yang biasanya mengadakan kegiatan ramadhan seperti Masjid Kobe di .

Cari Makanan Untuk Berbuka dan Sahur

Tenang saja karena di Jepang banyak makanan halal yang dijual kok. Cari makanan untuk berbuka dan sahur juga sangat mudah karena ada banyak restoran, booth penjual makanan juga toko-toko yang menjual makanan yang halal. Sekedar tips, untuk sahur, kamu bisa membeli makanan yang bisa dihangatkan kembali agar lebih efisien. Sementara untuk rekomendasi makanan, mulai dari sushi, yakiniku, chicken katsu dan yakitori bisa menjadi menu pilihan kamu, mina-san.

Sabar dan Tidak Malas

Dan terakhir, karena di Jepang hanya sedikit yang berpuasa tentu kamu harus sabar menahan lapar dan haus. Tidak hanya itu, jangan malas dalam berkegiatan karena biasanya malah puasa tidak terasa saat kita terus aktif bergerak dan beraktivitas.

Akhir kata, dengan kiat-kiat di atas, semoga kamu lancar memulai bulan puasanya, mina-san!

 Jepang, 〒650-0004 Hyōgo-ken, Kōbe-shi, Chūō-ku, Nakayamatedōri, 2 Chome−2−25−14

Leave a Reply

%d bloggers like this: