Menikmati Serunya Karaoke di Jepang

Minna-san suka karaoke bersama teman-teman? Karaoke di  sangatlah populer di kalangan masyarakat. Setiap tempat karaoke menyediakan ruangan yang bisa memuaskan hati minna-san yang senang bernyanyi sepuasnya: ruangan kedap suara, ruangan privat lengkap dengan makanan dan minuman, bahkan minna-san bisa meminjam alat-alat musik agar suasana lebih meriah saat karaoke!

Karaoke pertama kali diciptakan di , Jepang sekitar lebih dari 20 yang lalu. Kata karaoke diambil dari “kara” yang berarti kosong dan “oke” yang merupakan singkatan dari “okesutora” atau orkestra. Di Jepang, terutama di kota-kota besar, banyak sekali tempat karaoke yang buka selama 24 jam, lho! Nah, sekarang bagaimana caranya memesan ruang dan berkaraoke di Jepang?

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Setelah minna-san mendatangi tempat karaoke terdekat, berjalanlah menuju counter resepsionis untuk memesan ruangan. Apabila minna-san baru pertama kali berkunjung, minna-san akan diminta untuk mengisi formulir anggota karaoke berupa nama, nomor telepon, alamat, dan tanda tangan.

Kemudian, sebutkan berapa orang yang hadir bersama minna-san untuk karaoke lalu tentukan berapa jam minna-san akan berkaraoke. Datang sendirian? Tidak masalah dan itu bukanlah hal yang aneh. Jika minna-san datang sendiri saja, cobalah datangi tempat karaoke khusus untuk satu orang di Shibuya bernama 1Kara.

Minna-san akan diminta untuk memilih paket karaoke yang cocok untuk minna-san dan teman-teman. Biasanya, orang-orang memilih paket 1 jam dengan minuman sepuasnya. Minuman alkohol dan non alkohol tersedia di sini. Harga paket rata-rata sekitar 1000 yen per orang, per jam. Harga bisa berubah apabila minna-san berkunjung di hari tertentu. Minna-san tidak akan diminta untuk membayar sampai minna-san selesai karaoke.

Setelah itu, minna-san akan berjalan menuju ruang karaoke. Sambil berjalan, coba cari tahu letak bar minuman yang menyediakan teh, soda, jus, hingga es krim! Minuman beralkohol dapat dipesan setelah minna-san berada dalam ruangan. Ruangan karaoke sangatlah bersih dan semua alat elektronik sudah menyala dan siap digunakan. Sambil bernyanyi dan memilih-milih lagu, pesanlah makanan atau minuman beralkohol dengan menghubungi pelayan karaoke melalui telepon yang ada di ruangan.

Bernyanyilah sepuasnya! Jelang 10 menit sesi karaoke berakhir, telepon akan berdering untuk memberitahu minna-san. Jika minna-san ingin memperpanjang sesi karaoke, minna-san dapat memperpanjangnya per 30 menit.

Leave a Reply

%d bloggers like this: