Menikmati Pancake Asal Jepang Imagawayaki

Dessert atau makanan penutup sering diidentikan dengan makanan-makanan manis dan memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak akan terasa berat jika dimakan. Bisa berupa ice cream, kue, pudding dan lain sebagainya. Jika Minasan pergi ke Jepang, banyak sekali macam-macam dessert yang dapat ditemui. Salah satunya adalah makanan ini.

(今川焼き) adalah dessert tradisional Jepang yang berisi selai kacang merah. Kue ini sering ditemukan ketika festival. Adonan  mirip seperti Dorayaki dan Taiyaki yaitu campuran tepung terigu, gula pasir, telur ayam dan juga air. Setelah adonan diaduk jadi satu, adonan dipanggang diatas loyang tembaga yang memiliki lubang-lubang bundar mirip pancake. Sewaktu kue hampir matang, selai kacang merah yang telah disiapkan kemudian ditaruh di salah satu sisi lalu kemudian kedua sisi kue dijadikan satu sewaktu kue masih di dalam loyang.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

imagawayakiNama kue ini berasal dari nama tempat kue ini pertama kali dibuat. Imagawayaki pertama kali dijual di toko kue bernama Kanda Imagawabashi, terletak di dekat Jembatan Imagawa daerah Kanda di Edo sekitar tahun 1772-1781. Sejak saat itu nama Imagawayaki diberikan kepada kue ini yang artinya kue imagawa panggang. Dan setelah kue ini meluas ke daerah-daerah lain, maka namanya sudah bukan Imagawayaki lagi, melainkan tergantung dari nama tempat serta toko yang menjual. Di daerah Kansai, kue ini disebut obanyaki (大判焼き), nijuyaki (二重焼き), kaitenyaki (回転焼き). Di Osaka dan Sakai disebut kaitenmanju (回転饅頭). Sedangkai di Hokkaido, Aomori dan Hirosaki disebut oyaki (おやき).

Sampai saat ini, Imagawayaki masih sangat disukai oleh masyarakat Jepang. Rasa dan tekstur nya yang khas membuat banyak orang mencari makanan ini. Jadi jika Minasan mampir ke Jepang, jangan lupa untuk mencicipi kue yang satu ini ^^

Leave a Reply

%d bloggers like this: