Mengunjungi Museum Ghibli, Tempat Impian Semua Anak (2)

Bila di artikel pertama saya menulis tentang Museum Ghibli mulai dari pengenalan pembuatan dan juga eksteriornya, kini mari kita ulik lebih dalam tentang apa saja yang menarik dari segi interior-nya. Ya, layaknya museum dan taman bermain tentu banyak ruang-ruang dan arena menyenangkan penuh dengan karakter kartun Ghibli. Princess Mononeke, Spirited Away, Whisper In The Heart, My Neighbor Totoro.… lengkap dan pasti akan membuat mina-san terkesan saat masuk!

pariwisata jepang

Konsep tiap ruangan dalam museum Ghibli sangat beragam mengikuti tema dari kartun yang dihadirkan. Seperti yang saya jelaskan di artikel pertama, museum ini juga semakin lengkap karena terdapat kafe, toko buku, pameran, pemutaran film sampai tempat membeli oleh-oleh. Berikutnya adalah daftar tiap ruangan yang wajib sekali kamu masuki, mina-san :

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Cat Bus Room

Pariwisata Jepang

Ini adalah salah satu bagian paling menarik dan paling ramai dikunjungi di Museum Ghibli. Cat Bus Room mengingatkan pada film My Neighbor Totoro, sebuah ruangan penuh keceriaan dan hal-hal menggemaskan. Kamu bisa menemui bus kucing berbulu lembut raksasa dan bermain-main di dalamnya. Ups, tapi sayangnya ruangan ini hanya bisa dimasuki anak-anak dengan batas umur maksimal 12 tahun.

Interior Kaca dan Bagian Atap yang  Imajinatif

pariwisata Jepang

 

Pariwisata Jepang

Ruangan Bergerak Ugoki Hajime no Heya

Selain Cat Bus Room yang menjadi bagian paling terkenal di Museum Ghibli, ada ruangan bergerak ‘Ugoki Hajime No Heya’ dimana pengunjung bisa merasakan kecanggihan teknologi dalam pembuatan animasi film-film Ghibli. Selain membuat kita mengenal lebih jauh tentang sejarah atau referensi film-film dari museum ini kita juga bisa merasakan keasyikan sendiri karena mengenal proses pembuatan film Ghibli dari tahap ke tahap.

Toko Souvenir Mamma Aiuto

Tentu mina-san ingin pulang tidak dengan tangan kosong bukan? Berarti harus wajib datang ke toko souvenir Mamma Aiuto untuk membeli oleh-oleh. Nama toko souvenir diambil dari film Porco Rosso, sementara benda-benda yang dijual sendiri beraneka ragam dari mulai item-item bergambar tokoh klasik film-film Ghibli sampai benda yang dengan penampakan sangat unik dan bermanfaat digunakan seperti tas, dompet kecil atau tabungan.

Selain itu, biasanya Museum Ghibli juga mengadakan acara-acara berkaitan dengan pemutaran film atau pameran seni tertentu. Mina-san bisa mengecek informasinya di situs resmi Ghibli karena pameran-pameran ini mungkin saja menghadirkan tokoh penting Ghibli secara langsung seperti Hayao Miyazaki atau Toshio Suzuki. Lagipula dengan banyaknya spot-spot menarik seperti yang saya sebutkan di atas, dijamin mina-san tidak akan pernah rugi membeli tiket untuk datang kemari!

Japan, 1-1-83 Shimorenjaku, Mitaka, Tokyo 181-0013

Leave a Reply

%d bloggers like this: