Mengunjungi Museum Ghibli, Tempat Impian Semua Anak (1)

Mina-san pernah menonton film anime Jepang berjudul My Neighbor Totoro? Atau Spirited Away? Film-film tersebut adalah arahan Pariwisata JepangHayao Miyazaki yang merupakan “bapak” dari studio . sendiri adalah studio pembuat film animasi yang amat tersohor bukan saja di Jepang namun di seluruh dunia. Film-film produksi menjadi klasik dan bahkan amat dicintai oleh seluruh masyarakat. Tokoh-tokoh dalam filmnya bahkan sangat melegenda dan menjadi ikon budaya populer Jepang seperti misalnya Totoro dalam My Neighbor Totoro. Nah, tahukah mina-san kalau tidak hanya lewat film, namun juga terdapat di Mitaka, , Jepang?

Museum ini ibarat sebuah dunia mimpi yang menjadi tempat impian semua anak. Begitu mina-san memasuki gerbangnya, mina-san pasti akan dibuat terpana dan kagum sekali. Ya, museum ini  bukan hanya memperlihatkan replika-replika berupa patung, lukisan atau seni lainnya dalam film-film studio Ghibli tapi juga lengkap karena terdapat taman, toko buku, kafe dan teater seputar Ghibli.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Pariwisata JepangMuseum Ghibli sendiri sudah berdiri sejak 15 tahun yang lalu, namun perencanaan pembuatannya sudah dimulai sejak 1998. Tidak tanggung-tanggung, bapak Hayao Miyazaki sendiri lah yang merancang desain dan gaya dari museum Ghibli ini lo, mina-san. Maka jangan salah bila kamu akan mengagumi setiap areanya : dari mulai spot kecil yang memperlihatkan Totoro, penataan taman, bus lucu dengan gambar Totoro sampai bagian ruang-ruangnya yang penuh interior seru. Kalau kamu penggemar film-film Ghibli, pasti familiar dengan gaya dari berbagai ruangan tersebut!

 

Kalau di bagian luarnya, spot yang paling wajib dicoba adalah spot penyambut selamat datang dengan gambar patung Totoro dan spot patung Robot dari film Castle In The Sky (ini terdapat di bagian rooftop). Karena bagian dalam dari museum Ghibli sangat beraneka ragam, sangat disarankan untuk eksplor bagian luar dulu ya, mina-san. Pasti tidak menyesal untuk berfoto-foto apalagi museum ini memiliki udara yang sejuk dengan nuansa kehijauan.

Untuk masuk ke dalam Museum Ghibli sendiri tidak sembarangan karena kamu harus reservasi dari jauh-jauh hari. Selain banyak peminatnya, untuk turis luar tentu pemesanan akan lebih direkomendasikan. Untuk informasi lebih lanjut mina-san bisa mengakses situs resmi Ghibli yaitu ghibli-museum.jp. Yang pasti mina-san pasti tidak akan kecewa dengan tempat impian yang satu ini!

Japan, 1-1-83 Shimorenjaku, Mitaka, Tokyo 181-0013

Leave a Reply

%d bloggers like this: