Mengenal Selera Humor di Jepang dan Jenis-Jenis Komedinya (2)

Menyambung artikel pertama tentang pembahasan jenis-jenis komedi dan selera humor di Jepang, sekarang mari kita kenal lebih jauh dua ragam komedi yang lebih tradisional dan bahkan punya sejarah yang panjang. Apa sih yang disebut Kyogen dan Rakugo?

Kyogen

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

 

Kyogen adalah nama untuk jenis komedi panggung yang berbentuk teater klasik. Bisa dibilang Kyogen adalah pertunjukan komedi yang tradisional dan sudah memiliki sejarah panjang sejak abad ke-14. Biasanya menjadi bagian dari pagelaran Noh yang merupakan drama musikal klasik namun sekarang Kyogen bisa juga menjadi pertunjukan tunggal yang terpisah. 

Kyogen tidak bisa lepas dari elemen slapstick dan lawakan yang memparodikan tradisi atau budaya tertentu. Biasanya juga ada muatan satir yang membungkus humor secara keseluruhan, walaupun tujuan utamanya tetap untuk memancing tawa penonton yang menyaksikan. Tidak lupa, salah dua ciri khas Kyogen adalah para pemainnya yang menggunakan kostum klasik seperti dari jaman Edo dan juga penambahan musik sebagai pendukung cerita.

 

Rakugo

Ada lagi jenis komedi dengan cara bercerita dan hanya duduk seperti Rakugo. Cukup unik ya? Pencerita akan duduk dan mulai mengisahkan sesuatu di hadapan penonton yang tentu saja penuh dengan muatan humor. Walaupun nampak sangat sederhana, Rakugo sebenarnya adalah seni komedi yang agak sulit untuk dibawakan. Karena pencerita hanya duduk, maka ia harus bisa membawakan lawakan dengan menarik lengkap dengan ekspresi dan gerak-gerik yang mampu memancing tawa. Pencerita juga biasanya dituntut untuk membawakan berbagai karakter dalam cerita yang dia buat sehingga Rakugo memerlukan komedian yang luwes dan tidak sembarangan.

Ciri khas jenis komedi ini adalah pencerita memakai kimono dan sering dibantu perlengkapan seperti kipas lipat dan sapu tangan. Lebih tua daripada Kyogen, komedi Rakugo bahkan sudah diciptakan sejak abad ke-9 dan terus bertahan sampai sekarang.

Bagaimana? Sangat menarik kan jenis-jenis komedi yang ada di Jepang. Kita jadi bisa tahu bahwa selera humor orang Jepang sangat luas mulai dari komedi modern sampai lawakan dengan gaya tradisional. 

Nah kalau dari keempat jenis komedi di atas, mana yang paling menarik perhatian kamu nih? Semoga kalau kamu di Jepang bisa kesampaian untuk menyaksikan keempat jenis komedi Jepang ini secara langsung ya!

Tokyo, Tokyo, Japan

Leave a Reply

%d bloggers like this: