Mengenal Okonomiyaki, Makanan Khas Jepang

seperti sushi, ramen, tempura dan onigiri mungkin tidak asing lagi bagi minna-san. Makanan-makanan tersebut memang selain enak telah menjadi ciri khas kuliner Jepang yang konon juga menyehatkan (seperti menyantap sushi dan salmon) atau bahkan jadi favorit nomor satu minna-san yang suka makan. Tapi selain makanan-makanan berikut, sudahkah minna-san mencoba apa yang disebut ? Atau malah baru kali ini minna-san mendengar nama makanan tersebut?

Okonomiyaki berasal dari kata okonomi yang artinya how do you like/apa yang minna-san suka sementara yaki artinya cook alias memasak disimpulkan sebagai “terserah apa yang minna-san suka untuk memasak”. Ini mungkin dikaitkan dengan keragaman bahan memasak serta prosesnya yang cukup fleksibel karena makanan ini bisa dibuat sendiri bahkan dengan mengombinasikan bahan-bahan baru. Namun bahan dasar adonannya sendiri terdiri dari adonan tepung terigu dengan campuran irisan daging sapi atau ayam, irisan kol, sayur-mayur lain dan tambahan mi serupa omelet. Mungkin itulah kenapa makanan Jepang yang satu ini sering disebut juga sebagai “pizza” atau “omelet” nya Jepang, karena keragaman bahan dalam adonan Okonomiyaki tersebut.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Untuk saus dan topping-nya tentu juga beragam dan terserah apa yang minna-san suka, namun kebanyakan untuk saus panganan ini memiliki rasa manis dan pedas. Hmmm, minna-san sendiri lebih suka yang manis atau yang pedas? ^^

Makanan Jepang

Di Jepang sendiri, setiap daerah atau wilayah memiliki cara pengolahan berbeda-beda terhadap Okonomiyaki. Misalnya saja di Kansai yang sausnya lebih kental dengan citarasa sedikit pedas sementara pembuat Okonomiyaki di daerah Kanto lebih encer sausnya. Ada juga daerah yang adonannya lebih tipis sementara di tempat lain lebih tebal serta banyak lagi keragaman lainnya.

Pokoknya kalau minna-san berkunjung ke Jepang, jangan sampai kelewatan makanan Jepang yang satu ini ya. Untuk rekomendasi tempatnya, bisa coba hidangan khas Jepang ini di restoran Shinagawa, Tokyo atau di restoran Ushio yang berlokasi di Minato, Tokyo, Jepang. Restoran-restoran tersebut selain terkenal juga sudah terjamin kelezatan makanannya. Rasakan gurih serta yummy-nya Okonomiyaki disana!

Leave a Reply

%d bloggers like this: