Mengenal Boneka Tradisional Jepang (2)

Setelah membahas tentang boneka-boneka tradisional Jepang di artikel bagian 1, ada lagi beberapa jenis boneka unik yang tidak kalah menarik lainnya. Boneka-boneka di bawah ini tidak hanya bagus dan menarik dari tampilannya namun juga menyimpan sejarah panjang yang penting diketahui. Apa saja? Yuk dibaca mina-san!

Jepang1.Boneka Ichimatsu

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Salah satu yang banyak dikenal adalah Ichimatsu. Sangat identik dengan anak perempuan berpipi gempal, memakai kimono dan berambut poni rata panjang, Ichimatsu menggambarkan sosok anak perempuan yang cantik, ramah dan lembut. Biasanya selain boneka Kokeshi, boneka inilah yang menjadi oleh-oleh menarik terutama untuk anak perempuan.

 

2. Boneka Hakata

Boneka Hakata adalah boneka yang anggun, biasanya ditampilkan dengan sosok perempuan berkulit putih, sedang menari atau berpose dengan cantik. Kalau Ichimatsu mewakili anak-anak perempuan yang imut dan mungil, Hakata mewakili sosok perempuan indah bak dewi yang siap menarik hati. Hakata terbuat dari tanah liat dan awalnya menjadi hadiah untuk kuil Budha. Sekarang boneka yang satu ini banyak dilihat di upacara-upacara dan festival kebudayaan di Jepang, bahkan punya festival khusus yang menyajikan beragam Hakata berbagai model.

3. Boneka KarakuriJepang

Kalau Indonesia punya Wayang Golek, mina-san harus berkenalan dengan Karakuri, boneka goleknya Jepang. Karakuri biasanya menjadi boneka panggung yang digerakkan namun tersedia juga Karakuri yang bisa menjadi boneka mainan di rumah dan Karakuri khusus untuk upacara tertentu. Karena penuh dengan nuansa tradisional, tak jarang Karakuri dikaitkan dengan hal-hal berbau sihir atau bahkan mistis. Namun lepas dari itu, Karakuri sangat mewakili semangat lewat gerak-gerik bonekanya.

4. Boneka Daruma

Jepang

Boneka yang satu ini memang unik sekali. Berbentuk seperti bola dan biasanya berwarna merah serta memasang gambar seperti lelaki memakai kumis atau jambang, Daruma menyimpan sejarah panjang sejak 1500 tahun lalu berdasarkan sosok biksu bernama Bodhidharma. Sering dipercaya sebagai simbol harapan dan kesuksesan cita-cita, boneka ini sering dibawa untuk perayaan-perayaan memasuki tahun baru atau acara-acara resmi lainnya.

Meski boneka Daruma sering dikaitkan dengan tokoh laki-laki, namun ada juga Ehime Daruma yaitu boneka dengan penokohan perempuan.

5. Boneka Kokeshi

Boneka kayu berbentuk panjang dengan kepala bulat ini merupakan salah satu boneka unik Jepang yang paling populer dan diminati. Biasanya dijadikan koleksi atau menjadi cindera mata bagi turis-turis sebelum mereka pergi dari Jepang. Kesederhanaan boneka Kokeshi yang tanpa lengan dan kaki memang sudah menjadi ciri khasnya namun boneka ini sendiri sudah diciptakan oleh seniman-seniman patung kayu sejak tahun 1939. Sekarang tentu bentuk dan modifikasi warnanya semakin beragam mengikuti perkembangan jaman.

Bagaimana, mina-san? Begitu banyak dan beragam kan boneka-boneka unik Jepang? Mungkin bila mina-san sedang berada di Jepang bisa menyempatkan untuk melihat-lihat boneka tersebut atau mungkin malah menjadikannya koleksi pribadi. Apalagi boneka-boneka tersebut juga sarat dengan unsur sejarah dan kebudayaan Jepang, pasti akan menyenangkan memilikinya sebagai pajangan di rumah ya mina-san?

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: