Mengapa Orang Jepang Tidak Memberi Tempat Duduk untuk Orang Lansia?

Jika mina-san berkunjung ke , mina-san akan merasa kagum pada tata karma yang ditunjukkan warga . Namun demikian, ketika naik transportasi umum seperti kereta api cepat atau bus, pasti tidaklah sulit untuk menemukan bahwa banyak anak muda menikmati tempat duduk sedangkan ada beberapa manula sedang berdiri. Hal ini pasti akan menimbulkan tanda tanya. Meski biasanya dikenal sebagai warga yang begitu sopan dan hormat, tapi mengapa orang tidak memberi tempat duduk untuk para lansia?

Nah, jika mina-san menghabiskan banyak waktu bercakap-cakap dengan orang-, mina-san akan mengerti. Mereka memiliki harga diri yang tinggi. Bila ada orang muda yang menawarkan tempat duduk, para lansia tersebut malah akan berpikir; “Apakah aku sudah begitu tua sehingga anak muda memberikan tempat duduknya padaku?”

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Tak heran, bila mina-san menawarkan tempat duduk mina-san pada orang lansia di Jepang, bukan mustahil malah akan ditolak.

Ada beberapa orang yang takut hal itu akan menyebabkan “ketidaknyamanan dan kesulitan” atau sesederhana “tak ingin menerima rasa kasihanmu”. Mungkin, karena negara Jepang adalah negara dengan jumlah populasi penduduk usia tua yang terus meningkat, maka cara pandang untuk memberikan prioritas kepada “manula” sedikit berbeda dibandingkan negara-negara Asia lainnya.

Nah, mina-san kini sudah tau kan, mengapa tidak memberi tempat duduk untuk para lansia?

Jika mina-san benar-benar ingin memberikan tempat duduk pada mereka, maka yang harus mina-san lakukan, adalah berpura-pura untuk bersiap turun di pemberhentian berikutnya. Berdirilah dan berjalan menuju ke pintu keluar bus, atau ke gerbong lain (jika mina-san berada di kereta api). Berdirilah dan tinggalkan tempat duduk mina-san , jika orang melihat tempat duduk kosong dan jika mereka ingin duduk, mereka akan langsung menuju tempat duduk tersebut, dan duduk dengan senang hati.

Leave a Reply

%d bloggers like this: