Menemukan Ladang Tebu di Pulau Kohama

Sebuah pulau memang terasa tidak lengkap jika tanpa adanya sebuah tempat wisata seperti pantai, pegunungan, perkebunan, pertanian atau peternakan di dalamnya. Jepang memang memiliki banyak tempat wisata, bahkan sampai ke bagian terkecilnya. Sebut saja sebuah pulau bernama .

Kohama (小浜島), pulau ini terletak di lepas pantai , terhimpit di antara gugusan pulau Ishigaki dan Iriomote.  merupakan bagian dari Kepulauan Yaeyama, dengan luas 7,84 km persegi dan lingkar pulau sepanjang 16,57 kilometer serta memiliki tinggi 99 meter di atas permukaan laut. Pulau ini menjadi terkenal di Jepang setelah memberikan pengaturan untuk sebuah drama TV bernama Churasan.

PPI Jepang atau Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Dan GATE adalah mitra resmi dari PPI Jepang. PPI Jepang mendukung GATE sebagai pintu untuk lebih mempererat jalinan persahabatan antara Jepang-Indonesia. Info lebih lanjut: http://ppijepang.org/index.php

Karena luas pulau Kohama yang cukup kecil ini, Minasan dapat menyusuri pulau dengan bersepeda hanya dalam waktu 1-2 jam saja, jika cuaca dan kesehatan mendukung. Namun, pada musim panas dan musim dingin, Minasan disarankan untuk melakukan lebih banyak persiapan, karena pada musim ini matahari cenderung bersinar dengan sangat terik. Meskipun Kohama adalah sebuah pulau kecil tanpa sungai, tapi tanah disini memiliki air yang melimpah yang memungkinkan budidaya produk pertanian seperti tebu dan padi. Karena tidak ada bus atau taksi di Kohama, maka wisatawan sering menikmati bersepeda bersama “Gula jalan”, di sepanjang tengah pulau melalui ladang-ladang tebu.

kohamaUntuk tempat wisata, yang direkomendasikan di Kohama adalah Gunung Ufudaki yang berada di tengah pulau dengan ketinggiaan 99,4 m. Dari puncak Gunung Ufudaki ini, Minasan dapat melihat dan menikmati pemandangan sekeliling Kepulauan Yaeyama. Ada sebuah observatorium di puncak gunung dari mana Anda dapat melihat Pulau Ishigaki,Pulau Taketomi, Pulau Kuro, Pulau Aragusuku, Pulau Iriomote, Pulau Hatoma, Pulau Kayama, Pulau Hateruma dan lebih ketika cuaca jelas. Lalu Kohama juga memiliki dua pantai, yaitu Toumaaru dan Haimurubushi. Pantai Tomaru adalah pantai yang belum terjamah oleh peradaban dan Minasan dapat menikmati pengalaman snorkeling di sini. Pantai Haimurubushi dikelola oleh hotel resort bernama “Haimurubushi.” Di pantai ini Minasan dapat menikmati olahraga windsurfing dan ski air.

Untuk akses menuju Pulau Kohama, Minasan dapat pergi dari Bandara Naha di Pulau Okinawa menuju ke bandara Shin-Ishigaki di Pulau Ishigaki. Dari Pelabuhan Ishigaki kemudian dapat lanjut menggunakan kapal cepat selama 25 menit untuk mencapai Kohama. Jika menggunakan kapal feri maka menghabiskan waktu selama 35 menit. Jadi silakan habiskan waktu Minasan di sini ^^

Kohama, Taketomi-cho, Yaeyama-gun, Okinawa

Leave a Reply

%d bloggers like this: